Home » » Cara Memelihara Serangga Batang / ranting ( Stik insect )

Cara Memelihara Serangga Batang / ranting ( Stik insect )

Written By Unknown on Tuesday, May 21, 2013 | 12:25 PM

 

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung dan menginap dirumah teman dan saat duduk-duduk disamping rumah sambil mengobrol dan ngopi dengan teman baik saya, tiba-tiba saya melihat sesuatu yang menarik perhatian, yaitu ada ranting kecil berwarna hijau yang menempel di dinding, tapi dia bergerak gerak, saya dekati saja, eh ternyata itu adalah stick insect atau serangga tongkat, kemudian langsung saja saya masukan kedalam wadah toples kecil yang diberi lubang-lubang kecil untuk dia bernafas, kebetulan disana dekat dengan hutan dan semak belukar, dan besoknya langsung saja saya bawa pulang, Setelah saya googling eh ternyata Serangga ini cukup populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan yang unik di mancanegara.

Tubuhnya mirip ranting dan itu adalah sebagai pertahanan hidupnya untuk menghindari serangan predator dengan berkamuflase bersama ranting disekitarnya. Umur dari Serangga tongkat ini bervariasi, ada yang beberapa bulan sampai 2 tahun, dan panjang tubuhnya juga bervariasi tergantung speciesnya, ada yang kecil sekitar 10 cm, bahkan kabarnya pernah juga ditemukan yang panjang tubuhnya 30cm.

Klasifikasi Stick Insect :
Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Class : Insecta
Superorder : Exopterygota
Order : Phasmatodea

Cara Memelihara Stick Insect
Untuk tempatnya bisa menggunakan Faunarium yang bisa anda beli di petshop atau toko ikan hias, atau bisa juga menggunakan


Toples plastik besar yang tutup dan pinggiran atasnya sudah diberi lubang kecil-kecil sebanyak banyaknya, bisa menggunakan solder atau bor, usahakan tempatnya agak tinggi, karena dia suka memanjat di dinding dan ranting, lalu isi bawahnya dengan pasir atau tanah yang tingginya kurang lebih 3 sampai 5 cm, kemudian tancapkan ranting tanaman yang ada daunnya, karena Stick insect adalah herbivora atau pemakan tumbuhan, dia biasanya memakan daun daunan hijau, usahakan daun-daunannya selalu dalam keadaan segar, kalau sudah layu, segera ganti dengan yang masih segar.

Anda tidak perlu menyediakan tempat minum, cukup semprot dan basahi saja daun-daunnya sudah cukup. sedangkan untuk suhunya, asalkan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin saja, stick insect juga bisa di handling, atau di jalankan ditangan. dia tidak berbau dan tidak berisik.

Nah, bagaimana.? mudah kan memelihara Stick Insect, apa anda tertarik untuk memelihara serangga unik ini.? silahkan saja, asalkan jangan terlalu banyak, takutnya nanti jadi langka dan akhirnya bisa saja menjadi punah. kecuali anda bisa mengembang biakkannya, tentu saja itu lebih baik dan bijak dibanding dengan tangkapan liar.

http://www.nahap.com
Share this article :

1 comments:

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Powered By Blogger

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger