Home » , » Cara membuat Lem Pulut atau lem buatan untuk menjebak Burung

Cara membuat Lem Pulut atau lem buatan untuk menjebak Burung

Written By rista langi on Saturday, April 20, 2013 | 12:25 PM


Cara membuat Lem Pulut menjebak Burung?

Setelah sekian waktu dari kecil hingga sekarang yang selalu terngiang dalam hati, kegiatan dimasa kecil yang sangat jauh berbeda dengan anak-anak dimasa sekarang yang lebih cinta kepada Playstation, sehingga menjadi mereka kurang menyenangi lingkungan, acuh tak acuh, induvidual. Bahkan kadang tidak tahu dengan kampung ataupun bahasa daerah sendiri.

Dimasa lalu yang sering kami lakukan dengan teman-teman kami berbagai kegiatan yang jauh dari kehidupan hingar bingar, sehingga antar kami pun mencari kegiatan yang mengasyikkan, sangat Ndesooo.. diantaranya menjebak burung.

Kegiatan tersebut adalah menangkap burung dengan cara tradisional sekali , untuk pertama kali yang kami persiapkan adalah pulut (lem alam dari getah karet), adapun cara membuat pulut adalah mengumpulkan getah pohon karet (menyadap) selanjutnya dimasak dan dicampur dengan oli kotor sampai mengental dan berubah warna mengental, Pulut ini (lem alam dari getah) bisa bertahan sampai tahunan (pengalaman & pengujian).






Penempatan:
Pasang lem tersebut (pulut) pada sebatang ranting lurus dan diletakkan diatas genangan air, air disini dimaksud adalah air sungai yang kecil (menggenang) tujuannya adalah mengharapkan burung hinggap diranting tersebut dan terperangkap lem (pulut), atau bisa juga di ikat disamping/disekitar kandang burung pemikat yang kita pasang.

atau dengan cara mencari tempat burung beristirahat sore hari juga menggunakan Pulut, bedanya disini kita lebih dominan untuk menarik burung hinggap dan berkumpul dengan cara membuat tibunan daun/ranting/pohon untuk berteduh/bersembunyi sambil menggesekkan kaca dengan gabus (sehingga terdengar suara mirip burung)/menabur biji-bijian makanannya, sehingga burung tertarik mendekat dan hinggap di ranting.

Begitulah…
 
Namun (di Jawa) Ada Juga yang memakai getah buah nangka dan direbus, agar tidak mongering / berkerak pd saat dipasang.

Tapi saya sudah mencoba memakai lem tikus (yang tidak beracun) dan berhasil membuat lengket burung. (percobaan saya kepada burung emprit, dengan cara menabur makanan di tanah). dan lem saya oles ke ranting kering lalu saya taruh saja di tengah2 taburan makanan itu.

WARNING!!!! Tangkap SATU saja, Biarkan alam tetap berkicau.


by: restacool
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Followers

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger