Home » , » Mesin cuci Anda rusak tidak berputar tapi klo d bantu di putar pakai tangan bs berputar / Mesin tidak ada suara, tidak berputar sama sekali

Mesin cuci Anda rusak tidak berputar tapi klo d bantu di putar pakai tangan bs berputar / Mesin tidak ada suara, tidak berputar sama sekali

Written By rista langi on Thursday, June 20, 2013 | 3:37 PM

Mesin cuci Anda rusak tidak berputar tapi klo d bantu di putar pakai tangan bs berputar ( dlm kndisi hanya di isi air tdk ad pakaian maupun ada pakaian didalamnya) kira2 ap yg rusak dan brp biaya ny?

Hal ini mengindikasikan bahwa tidak berputarnya Pulsator pada tabung pencuci meskipun motor pencuci berputar dengan normal, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:

Component mesin cuci

  • Tali karet/V-belt penghubung motor pencuci ke gearbox longgar / lepas dari gearbox (sudah kaku dan patah2).
  • Gigi pada bagian dalam gearbox atau as pulsator sudah aus atau rontok. 
  • Pulsator rusak (tidak berputar / Suara Kasar)
Pulsator mesin cuci

V - Belt Masin Cuci











Gear Box Masin Cuci













Cara memperbaiki tali karet/Vbelt yang kendor:

  1. Bawalah mesin cuci ke tempat yang agak luas dan cukup cahaya agar mempermudah dalam proses perbaikan.
  2. Letakkanlah mesin cuci di lantai dengan posisi bagian depan mesin cuci berada di lantai sedangkan sisi bagian belakang berada di atas.
  3. bukalah penutup  yang berada di belakang badan mesin cuci kemudian lihatlah posisi tali karet/Vbelt apakah kencang atau kendor, untuk memastikannya cobalah nyalakan mesin cuci beberapa saat, bila putaran motor normal tetapi putaran gearbox tidak stabil atau bahkan tidak berputar sama sekali ini menandakan kalau tali karet/Vbelt dalam keadaan longgar.
  4. Longgarkan ketiga baud(umumnya berukuran 10/12) yang berfungsi menempelkan motor pencuci ke badan mesin cuci kemudian tarik dan tahan badan motor agar menjauh dari letak gearbox(bisa dilihat dengan berubahnya letak baud) lalu kencangkan ketiga baud tadi agar posisi motor tidak tertarik lagi ke posisi semula.
  5. Untuk menguji kekencangan tali karet/Vbelt nyalakan mesin beberapa saat, bila putaran gearbox dan pulsator sudah normal maka tali karet/Vbelt sudah tidak kendor lagi.
  6. Bila posisi motor sudah durobah tetapi karet/Vbelt masih longgar maka tali/Vbelt tersebut harus diganti baru, gantilah tali karet/Vbelt tersebut sesuai dengan ukurannya, bawalah tali karet/Vbelt saat anda akan membeli yang baru karena terdapat bermacam-macam bentuk dan ukuran yang ada di pasaran, kadang-kadang ukuran yang tertulis pada pinggiran tali karet/Vbelt berbeda dengan ukuran fisiknya, sebagai contoh saya pernah membeli hanya dengan mengingat ukuran angka yang tertulis di tali karet/Vbelt yang sudah longgar setelah saya bawa ke rumah ternyata ukuran fisik yang baru lebih kecil sehingga tidak dapat dipasang pada motor pencuci dan gearbox meskipun dudukan motor pencuci sudah disetel.
  7. Bila tali karet/Vbelt pengganti sudah didapatkan pasanglah seperti posisi sebelumnya, untuk menyetelnya lakukan perubahan posisi motor pencuci dengan merubah letak ketiga baudnya.

Cara membuka dan mengganti gearbox dan pulsator:

"Rontoknya gigi pada as pulsator atau gearbox dapat dilihat dari tanda-tandanya berupa tidak berputarnya pulsator sedangkan motor pencuci dan gearbox berputar dengan normal."
  1. Lepaskan badan bagian bawah mesin cici dengan badan bagian atas dengan membuka seluruh sekrupnya dari arah bawah mesin cuci.
  2. Lepaskan tali karet/Vbelt penghubung motor pencuci dengan gearbox
  3. Buka baud pengencang gearbox dengan badan mesin cuci.
  4. Lepaskan/cabut gearbox dari badan mesin cuci.
  5. Lepaskan pulsator dengan cara membuka baud yang tersembunyi di dalam penutup yang terletak di tengah-tengah pulsator, cara membuka tutup tersebut adalah dengan mencongkelnya menggunakan obeng misus, 
  6. perhatikan bentuk gigi as pulsator bila sudah rontok maka as ini harus diganti, bila masih bagus maka yang rontok adalah gigi pasangaanya yang terletak di dalam gearbox..
  7. Bila gigi dalam gearbox yang rontok maka gantilah gearbox dengan yang baru.

Nah Jika Motor Mesin Cuci Mati Total ?
Motor Mesin Cuci

Kapasitor Mesin Cuci








 


Karena pemakaian yang terus menerus dan selalu berhubungan dengan air maka pada suatu saat mesin ini akan mengalami kerusakan, beberapa kerusakan yang umum terjadi pada mesin cuci adalah:

  • Motor yang berfungsi untuk mencuci terbakar lilitannya yang mengakibatkan tidak dapat berputarnya pemutar pada tabung pencuci
  • Motor pengering/spin terbakar/putus lilitannya sehingga tabung pengering tidak berfungsi.
  • Rusaknya kapasitor, ditandai dengan tidak berfungsinya motor, atau motor masih berfungsi tetapi putarannya lambat dan tidak beraturan.
  • Komponen timer yang kotor/berkarat, yang mengakibatkan laju motor tibatiba brthenti padahal timer masih berada pada angka tertentu, dan motor akan berfungsi kembali bila putaran timer diputar sedikit searah jarum jam.
  • Kabel penghubung ke stopkontak dan kabel yang ada di dalam mesin cuci putus akibat gigitan tikus.
Jika Putaran motor dan V - Belt lancar namun cucian tidak berputar :
Selain Pulsator, bisa disebabkan oleh Rusaknya dudukan PULSATOR kalo tdk salah namanya ASBOX.
Pulsator dikaitkan dengan asnya melalui 1 buah Baut. Jadi Untuk membukanya harus membuka pelindung Baut, dengan cara mencongkel tutup atas pada Pulsator.
Pulsator Rusak Karena Dudukan AS ke Body Pulsator Pecah, ini lebih disebabkan kelalaian pengguna, dimana ada benda2 keras yang ikut masuk ketika memcuci, biasa juga kancing Jeans yang lepas.
Jadi Saran saya Ketika terdengar suara tidak Wajar, periksa dahulu baru menlanjutkan Pencuciannnya.


Semoga pengetahuan ini berguna, jika terjadi hal yang mendesak, atau jika kita ingin memperbaiki sendiri....

Share this article :

9 comments:

  1. Gan.." mesin cuci sya berdengung ..nggak bisa mutar.. tpi klo di bantu mutar pake. Tangan bisa. Itu apa nya yg rusak ya gan.? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan rusak mesin cuci nya gan

      Delete
    2. Gan kalo buka mur pengikat drum yg pake kunci 36 itu arahnya kekanan apa kekiri ya? Mksdnya searah jarum jam?

      Delete
  2. kalo mesin cuci samsung horizontal, berputer cepat suara berisik sekali , mesin bergetar keras, kira 2 apa nya rusak , apa per penahannya sudah mati atau penahan dibawanya yg seperti shock beker itu sudah aus ?

    ReplyDelete
  3. Bagaimana gan kalo sedang mencuci motor tidak berputar hanya berdengung terasa berat,sedangkan jika posisi mengeringkan putaran kencang sekali . Mesin cuci satu tabung thosiba aw-bx80kn. Mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  4. Mesin cuci 1 tabung bisa berputar cuma satu arah..apa penyebab nya..

    ReplyDelete
  5. Ass gan maaf mo nimrung nih, ni mezin ko g muter trus klo pake tangan muter trus aja ky gtu, mohon pencerahanya, ana bingung bnget mana uang udah d beliin roko lagi, hehe

    ReplyDelete

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Followers

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger