Home » » Cara Memelihara Cangcorang ( Praying Mantis )

Cara Memelihara Cangcorang ( Praying Mantis )

Written By Unknown on Tuesday, May 21, 2013 | 12:19 PM




Praying Mantis merupakan salah satu serangga yang paling eksotis, dia juga mempunyai nama lain yaitu congcorang atau belalang sentadu atau walang kekek, Ada lebih dari 2400 spesies praying mantis di seluruh dunia, belalang sembah juga termasuk kategori serangga predator, bisa dikatakan mereka adalah pembasmi hama alami, karena dia hewan karnivora yang sering memakan serangga kecil seperti jangkrik, belalang bahkan congcorang juga bisa memangsa tikus, kadal, ular, burung kecil, dan juga katak.

Praying mantis juga bisa dijadikan hewan peliharaan yang unik, dia juga termasuk serangga yang paling populer untuk dijadikan peliharaan di mancanegara, bahkan di indonesia pun sudah cukup banyak yang memeliharanya, peternak praying mantis juga sudah mulai bermunculan di indonesia, seperti peternak orchid mantis atau belalang angrek, karena tubuhnya yang mirip angrek, maka dia dapat dengan mudah berkamuflase di antara bunga anggrek untuk mengelabui mangsanya.


Cara Memelihara Praying Mantis atau Congcorang
Berikut adalah cara pemeliharaan dasar praying mantis.










Tempat
Untuk wadah atau tempat bisa menggunakan toples plastik yang agak tinggi yang sudah diberi lubang kecil sebanyak banyaknya di bagian tutup dan samping toples, bisa juga menggunakan pet house yang dijual di pet shop atau toko ikan hias. lebih bagus lagi jika menggunakan aquarium jenis akrilik 40x30 dan disesuaikan dengan habitat aslinya.



Alas
Untuk alas sebaiknya gunakan cocopeat, atau bisa juga serutan kayu yang biasa digunakan untuk hamster (jangan langsung dipakai, bersihkan dengan air terlebih dahulu secara ber ulang ulang), atau bisa juga menggunakan dedaunan kering yang sudah dibersihkan.

Dekorasi
Letakan ranting kering untuk dia memanjat, bersihkan terlebih dahulu.

Pakan
Untuk makanannya bisa dikasih 1 jangkrik untuk 2 sampai 3 hari sekali untuk Mantis dewasa, sedangkan untuk mantis yang masih kecil bisa dikasih makan lalat buah, atau ulat hongkong.

Tempat Air
Tempat air bisa menggunakan tutup botol air mineral, atau apapun yang bisa menampung air, juga sediakan spray air, semprotkan air di dinding toples atau dedaunan di terarium mantis untuk dia minum, (jangan terlalu lembab).

Molting
Belalang sembah juga memiliki masa molt atau ganti kulit, jadi mantis tidak akan makan untuk beberapa hari sebelum molting, dan dia akan diam saja, jadi jangan diganggu, setelah selesai molting, jangan ada jangkrik yang bersama mantis, karena jangkrik bisa memangsa mantis yang kulitnya masih lunak.

Karakter
Cukup jinak, bisa di letakan di atas tangan, tidak menggigit, tapi kalau yang sudah dewasa bisa terbang

Klasifikasi Praying Mantis
Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Class : Insecta
Subclass : Pterygota
Infraclass : Neoptera
Superorder : Dictyoptera
Order : Mantodea

Nah, bagaimana.? cukup mudah kan? memelihara serangga unik ini?

Peringatan :
Jangan mengambil mantis yang ada di alam secara berlebihan, karena mantis adalah termasuk hewan yang menguntungkan petani, atau pembasmi hama alami, usahakan untuk mengembang biakannya, ada juga yang berternak mantis dan sengaja dilepas ke alam sebagai pembasmi hama alami

http://www.nahap.com
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Powered By Blogger

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger