Home » » Akar Tuba, Biji dan Daun Bengkuang Adl Pestisida, Racun Ikan Alami dari akar tumbuhan

Akar Tuba, Biji dan Daun Bengkuang Adl Pestisida, Racun Ikan Alami dari akar tumbuhan

Written By rista langi on Wednesday, June 5, 2013 | 4:12 PM

Gambar 1.2 Pohon Akar Tuba
Menurut wikipedia.org, Tuba adalah nama jenis-jenis tumbuhan dari Asia Tenggara dan kepulauan di Pasifik barat-daya yang biasa digunakan untuk meracun ikan. Meski ada beberapa jenis tuba (lihat: Tuba (disambiguasi)), yang umumnya diacu sebagai tuba adalah dari jenis Derris elliptica Bth anggota suku Fabaceae (Leguminosae). Nama-nama lainnya adalah tuba akar, tuwa laleur, areuy kidang (Sd.), jenu, jelun, tungkul (Jw.), tobha, jheno, mombul (Md.) dan lain-lain. Seperti disebutkan oleh namanya, akar tumbuhan ini memiliki kandungan rotenona (rotenone), sejenis racun kuat untuk ikan dan serangga (insektisida).

Tuba adalah pestisida alami. Dan bisa juga digunakan untuk membuat ikan mengambang di sungai sehingga kita bisa dengan mudah menangkapnya.  

Gambar 1.2 Ikan kena racun
Caranya adalah geprek akar tuba dan campurkan dengan air, lalu siram airnya ke sungai. 
Nah klo udah kesel mancing gak dapet-dapet mending pake cara ini.... Hehehe....

Untuk konsumsi (dimakan) aman kho, Untuk keamanan siangi ikan, buang insang, isi perut, sisik, cuci bersih dengan air mengalir, silahkan di goreng (dimasak).

Ikan yang mabuk, jika cepat diambil dan di masukkan ke dalam air yang bersih, ikan yang mabuk tersebut akan kembali Fresh lagi.

Racun tuba juga bisa dimanfaatkan pula sebagai insektisida untuk mengatasi kutu-kutu dan ulat yang menjadi hama di perkebunan. Racun tuba diekstrak dengan menumbuk akar yang segar atau yang telah dikeringkan, dan merendamnya dengan sejumlah air hingga satu malam (atau, ada pula yang merebusnya selama beberapa jam). Ekstrak ini kemudian diencerkan, dicampurkan dengan larutan sabun untuk menstabilkannya, serta disemprotkan untuk menanggulangi serangan hama. Selain untuk mengatasi hama pada kebun-kebun tembakau dan kol, racun ini dapat digunakan pula untuk membasmi caplak dan kutu pada anjing, tungau pada ayam, gangguan lalat dan lain-lain 


Kamu tau Bengkoang?..

Gambar 1.3 Buah Bengkuang

Walau rasa buahnya manis dan menyegarkan, kita harus hati-hati dengan biji dan daun bengkoang, karena keduanya mengandung racun.

Zat beracun yang ada di tanaman bengkoang ini adalah senyawa glukosida, nama kerennya Pachyrrhizida. Sifat racunnya hampir menyamai racun tuba. Oleh sebab itu pada jaman dahulu, katanya biji bengkoang maupun daunnya sering digunakan untuk meracuni ikan di sungai dan rawa. 
Karena mempunyai sifat racun maka biji bengkoang juga sering dimanfaatkan untuk membuat racun serangga secara sederhana. Biji itu ditumbuk menjadi tepung kemudian dilarutkan dalam air dan disemprotkan pada tanaman yang teserang hama serangga terutama kutu-kutu daun.
Share this article :

1 comments:

  1. Kalau termakan, apa saja efek bahaya dari termakan y biji bengkuang tersebut ?

    ReplyDelete

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Followers

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger