Home » » Harusnya Pakaian Seorang Muslimin

Harusnya Pakaian Seorang Muslimin

Written By Unknown on Saturday, June 1, 2013 | 12:14 PM

Saudaraku seiman, tidak diragukan lagi bahwa apa yang di ajarkan Islam adalah berupa kebaikan dan kemaslahatan bagi umat manusia, didalamnya diajarkan etika dan sopan santun dalam beradab atau bersikap termasuk bagaimana seorang muslim berpakaian. Ia adalah termasuk sesuatu yang diperintahkan Alloh subhanahu wa ta’ala dalam firman-Nya yang artinya:“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid” (QS. Al-A’rof: 31). Dan firman Alloh subhanahu wa ta’ala yang artinya:”Hai anak Adam sesungguhnya Kami telah menurunkan padamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan dan pakaian taqwa itulah yang paling baik”(QS. Al-A’rof: 26). Dan firman Alloh subhanahu wa ta’ala yang artinya:”Dan telah kami ajarkan kepada Dawud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperangan. Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Alloh)” (QS. Al-Anbiya:80).
celana diatas mata kaki

Menutup Aurat
Sudah diketahui bahwa setiap muslim wajib untuk menjaga kehormatannya dengan sebaik-baiknya. Diantara bentuk penjagaan terhadap kehormatan seorang muslim adalah menutup auratnya dengan pakaian. Perkara ini telah banyak dilalaikan oleh banyak kaum muslimin, sehingga pelanggaran ini seolah-olah bukan merupakan bentuk pelanggaran dan inipun merupakan pertanda bahwa hari kiamat sudah sangat dekat, di dalam hadits yang shohih dijelaskan bahwa pertanda akan segera datangnya hari kiamat adalah banyak didapati wanita berpakaian tapi telanjang. Ironis memang, tapi inilah fakta yang harus kita terima. Berapa banyak jumlah kaum muslimin-terutama wanita- yang membuka auratnya dan memperlihatkan lekuk tubuhnya? Inilah dosa-dosa yang dianggap biasa yang oleh pelakunya tidak disangka dosa.
Adab-Adab Berpakaian
Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam menyuruh berpakaian dengan sabdanya: “makanlah, minumlah berpakaianlah dan bersedekahlah tanpa berlebih-lebihan”(HR. Bukhori). Demikian pula beliau shollallahu ‘alaihi wasallam menerangkan mana pakaian yang boleh dipakai, yang tidak boleh dan yang disunnahkan untuk memakainya. Oleh karena itu seorang muslim mesti memperhatikan adab-adab berikut ini :
Pertama: laki-laki dilarang memakai sutra dan emas
Sutera dan emas merupakan benda yang haram dipakai oleh laki-laki. Suatu ketika Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam mengambil sutera dengan  tangan kanannya dan mengambil emas dengan tangan kirinya, beliau bersabda: “sesungguhnya dua barang ini haram bagi laki-laki ummatku” (HR. Abu Dawud).
Adapun bagi wanita maka dibolehkan menggunakan emas dan sutera. Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“haram memakai sutera dan emas bagi laki-laki dan dihalalkan bagi perempuan mereka” (HR. At-Tirmidzi).
Kedua: laki-laki dilarang untuk memanjangkan celana, sarung atau pakaiannya di bawah mata kaki
Perkara ini banyak dilalaikan oleh kaum muslimin, bahkan tidak sedikit mereka yang meremehkan atau bahkan mengejek orang yang mengangkat celananya diatas mata kaki dengan sebutan tidak mengikuti trend, kampungan dan yang lebih parah adalah dianggap sebagai ciri-ciri teroris padahal Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda :“kain yang dipakai dibawah mata kaki berada didalam neraka.” (HR. Abu Dawud).
Ketiga: mengutamakan memakai pakaian yang berwarna putih
Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “pakailah pakaian putih, karena pakaian putih lebih suci dan lebih bagus. Dan kafanilah orang mati diantara kamu dengan kain putih.” (HR. At-Tirmidzi).
Adapun memakai pakaian selain warna putih adalah boleh, Barro bin ‘Azib rodhiyallohu ‘anhu berkata :“Saya pernah melihat Nabi berpakaian merah, belum pernah saya melihat orang yang lebih bagus daripadanya.” (HR. Bukhori).
Keempat: hendaknya perempuan muslimah berpakaian panjang dan lebar (tidak ketat)
Seluruh tubuh perempuan adalah aurat, maka wajib bagi perempuan muslimah untuk menutupinya kecuali muka dan kedua telapak tangan. Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” (QS. Al-Ahzab: 59).
Ummu Salamah rodhiyallohu ‘anha  menceritakan bahwa ketika turun ayat diatas maka para wanita Anshor keluar dari rumah mereka memakai kerudung, seolah-olah diatas kepala mereka ada burung gagak terbuat dari kain (HR. Abu Dawud).
Didalam ayat yang lain Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya: “Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami atau ayah mereka.” (QS. An-Nuur: 31).
Kelima: di bolehkan bagi laki-laki memakai cincin perak
Dibolehkan bagi laki-laki untuk memakai cincin yang terbuat dari perak karena Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam memakai cincin perak yang dipakai di jari kelingking kirinya yang biasa digunakan untuk menyetempel surat atau tulisan yang lainnya. Di cincin tersebut terdapat tulisan “Muhammad Rosululloh”. Adapun jika seorang laki-laki memakai cincin yang terbuat dari emas maka tidak boleh dan hukumnya adalah haram sebagaimana telah dijelaskan di point yang pertama.
Keenam: laki-laki dilarang memakai pakaian perempuan atau sebaliknya
Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Alloh mela’nat laki-laki yang memakai pakaian perempuan dan perempuan yang memakai pakaian laki-laki. Demikian pula Alloh mela’nat laki-laki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki.”(HR. Ahmad).
Penutup
Saudaraku seiman, inilah sekilas tentang  adab-adab dalam berpakaian. Di akhir tulisan ini marilah kita renungkan perkataan ibunda kita, Aisyah rodhiyallohu ‘anha, beliau berkata: “Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam menyukai yang kanan dulu dalam segala perbuatan, seperti bersandal, bersisir, dan bersuci.” (HR. Muslim).



[Budi Marta Saudin gemaislam.com]
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Powered By Blogger

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger