Home » , » Budidaya kroto tanpa pohon tetapi Menggunakan Toples, botol plastik bekas

Budidaya kroto tanpa pohon tetapi Menggunakan Toples, botol plastik bekas

Written By rista langi on Saturday, April 20, 2013 | 12:43 PM






Budidaya kroto tanpa pohon
Budidaya kroto tanpa pohon – Sedikit ulasan mengenai Kroto. Kroto  adalah nama yang diberikan oleh orang Jawa untuk campuran larva dan pupa semut penganyam Asia (terutama Oecophylla smaragdina). Campuran ini terkenal di kalangan pencinta burung dan nelayan di Indonesia, karena larva semut populer sebagai umpan ikan, dan juga sebagai makanan tambahan untuk meningkatkan ketrampilan burung-burung pedendang. Para penggemar burung memberi kroto yang kaya protein dan vitamin untuk burung peliharaannya demi kepuasan mereka mendengarkan kicauan burung yang merdu atau waktu mereka menyiapkan burung-burungnya untuk mengikuti lomba burung pedendang.
Semut penganyam dapat ditemukan mulai dari India sampai Australia dan di seluruh kepulauan Indonesia, kisaran habitatnya* luas, termasuk kawasan pesisir, hutan-hutan sekunder* dan perkebunan. Semut ini terkenal sebagai pemangsa yang agresif dan membuat sarang di pepohonan. Semut-semut ini bisa menyerbu hampir semua jenis pohon, tetapi cenderung lebih menyukai pohon buah-buahan, seperti nangka atau mangga. Koloni tertentu mungkin membuat sarang di sebuah pohon atau bahkan beberapa pohon. Ratu semut terdapat di salah satu sarang yang paling tinggi, telur-telurnya tersebar di beberapa tempat koloni lain yang berdekatan. Bentuk sarang semut penganyam paling rumit di antara sarang-sarang semut lainnya, karena spesies Oecophylla menggunakan kelenjar sutera yang sudah berkembang dengan baik di dalam larvanya untuk menganyam dan merekatkan sarang yang terbuat dari dedaunan segar – itulah asal namanya – semut penganyam.
Habitat asli kroto adalah di pepohonan. Kroto membuat sarang dengan menggabungkan daun untuk di jadikan rumah. Namun selain itu budidaya kroto tanpa pohon bisa dilakukan. Inilah tahapan-tahapan nya
Tutorial Budidaya kroto tanpa pohon
Kita cari sarang ratu semut rangrang / semut merah penghasil kroto. Perlu kerja keras untuk mengerahui satu per satu sarang semut rangrang / semut merah untuk menemukan sang ratu. Begitu kita temukan, potong cabang tempat semut bersarang dan kita letakkan ke pohon inang baru. Agar mereka cepat nyaman di tempat baru, suguhi dengan bangkai serangga dan cairan manis. Secara alaminya, semut rangrang / semut merah penghasil kroto dapat menghasilkan hingga 1 kg kroto dalam 10 hari.
Peran manusia dengan menyediakan cairan manis, bangkai hewan-hewan kecil, tulang atau sisa makanan berdaging lainnya akan meningkatkan produksi. Sarang atau koloni semut rangrang / semut merah penghasil kroto di dalam satu pohon bisa mencapai lebih dari satu, yang terdiri atas sarang pusat, sarang telur, dan sarang satelit. Sarang pusat biasanya terletak di tajuk pohon. Di sarang pusat ini berdiam ratu semut, yang jumlahnya mencapai 2-6 ekor per koloni.
Ratu semut berukuran paling besar. Sarang telur, berukuran sedang, merupakan tempat telur dan larva semut. Sarang satelit tersebar di tempat-tempat tertentu di pohon sebagai pos terdekat gudang makanan. Ini salah satu cara bertahan dari pengganggu atau musuh alami.
Demikian artikel mengenai budidaya kroto tanpa pohon. Semoga bermanfaat
Artikel yang terkait budidaya kroto tanpa pohon : cara ternak kroto, ternak kroto tanpa ratu, ternak kroto di toples, ternak kroto media bambu, beternak kroto, cara beternak kroto, ternak semut rangrang, budidaya kroto tanpa pohon, bisnis kroto

 
 Ternak Kroto Media Toples


Tak bisa di pungkiri Kroto Semut Rangrang sangat dicari oleh para perternak Burung ata yang seringdi sebut Kicau Mania. yang sebelumnya kroto hanya si cari tapi sekarang kroto dapat di hasilkan sendiri dengan cara membudidayakan semut rangrang. pertanyaan yang timbul bagaimana membudidayakansemutrangrang??? bila ada usahapasti akan ada hasilnya. Bagi para kicau mania sekarang gak usah kawatir akan kekurangan kroto. karenakroto  sekarang dapat diternakkan. caranya??? akan kita ulas.,.,

Budidaya Kroto dengan Media Toples apa sajayang harus d siapkan??? tentu saja rumah tempat sarang semut rangrang, yaitu dengan toples


 

Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples

Sangat mudah sekali cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Kalau teman ingin mencoba beternak atau membudidayakan semut rangrang. Cukup dengan menyediakan sebuah toples dan nampan. Sedangkan fungsi dari nampan adalah sebagai tempat untuk meletakkan toples. Tentunya nampan dii si dengan air. Supaya semut rangrangnya tidak lari kemana mana.

Selengkapnya sediakan alat sebagai berikut:

1. Toples Plastik
Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto.
2. Nampan 

 
3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas. 
  
Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau  bisa juga membiarkannya.

4. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air. 

 Hasilnya Seperti dibawah ini:


Semut Rangrang
Kita bisa mencarisemutrang rang yang ada di pohon sekitar rumah. caranya???
Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang adalah ketika harus memindahkan sarang kedalam suatu tempat. Resikonya pasti akan digigit. Banyak sekali dari sekian cerita yang mengalami masalah ini.
 
Ada banyak cara yang bisa sobat praktekan :


Cara Pertama:

1. Potong batang sarang semut rangrang  (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan)
2. Masukan kedalam karung / plastik / toples  dan apa saja yang sekiranya  ada celah / lubang  udaranya. 
3. Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung. Supaya semut rangrang tidak bisa naik keatas.
4. Masukan sarang kedalam ember plastik tersebut dengan #catatan harus di buka / buang daun daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.
5. Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa.
6. Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami.

#Catatan : toples sudah tersedia makanan dan minuman.


Cara ke dua:

Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Sobat bisa langsung meletakan kedalam toples dengan menggunakan tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya.. Tidak sampai menunggu habis  semut di dalam ember.

Cara Memberi Makanan Ternak Semut Rangrang

Bagaimana cara memberi makanan semut rangrang atau ternak kroto pada media toples. Makanan adalah bagian terpenting dan utama. Salah memberi makan akan mengakibatkan ternak kroto kita akan mengalami perkembangan yang kurang maksimal. Setelah mengetahui apa saja makanan yang harus di berikan semut rangrang. kali ini flodesta akan mencoba share cara memberi makanan pada semut rangrang dan sekaligus makanan tidak terbuang. Sehingga kita bisa memantau persedian makanan, apakah semut rangrang mau makan atau tidak. Tentunya untuk melatih semut rangrang untuk mencari atau berburu makanan sendiri walaupun sudah kita siapkan.

Cara memberi makanan semut rangrang yang pertama adalah kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira kurang lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong, kandang dll). Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan dulu kemudian di masukan di tempat yang telah kita sediakan.

 Kemudian untuk cara memberi makanan yang menggunakan rak toples. Sebenarnya hampir sama seperti cara di atas. Cuma tempat makanan kita letak kan di samping toples. Karena dengan media rak , tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas di banding dengan menggunakan toples dengan tatakan nampan ( tempat sangat terbatas ).

Cara Panen Kroto Media Toples

Saat yang di nanti oleh teman flodesta yaitu cara panen kroto semut rangrang dari toples. Penantian yang menegangkan, karena harus berhadapan banyak semut rangrang. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 semut saja, saya kira masih bisa di atasi. Tetapi bagaimana jika jumlah semut rangrang ratusan bahkan sampai ribuan.


Setelah melihat toples sudah banyak kroto. Pasti sobat berpikir untuk mengambil dan memanen. Entah mau di gunakan untuk kebutuhan sendiri, pakan burung, mancing dan di jual. Tetapi bingung caranya supaya tidak di gigit untuk mengambil krotonya. Apakah mau di panen atau di biarkan saja jadi banyak untuk bibit. Panen kroto di media toples sebenarnya sangat mudah, asalkan kita tahu caranya.

Berikut yang harus di siapkan:

1. Sarung tangan karet
    Untuk apa sih sarung tangan. Supaya kulit kita tergigit secara langsung
2. Tepung pati
    Digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember.
3  Ember (2)
    satu sebagai tempat membongkar toples sedangkan yang ke dua untuk tempat  kroto.
3. Batang kayu kecil / sapu lidi
    untuk merobek jaring putih.,atau sobat bisa gunakan  langsung memakai tangan ( sudah terlindungi sarung tangan+ tepung )

Pengambilan kroto bisa di tepuk tepuk setelah jaring di robek. kroto akan jatuh kebawah. Dibawah kan masih ada tutup toples, ketika kroto sudah diatas tutup toples. Ambil segera tutup toples yang sudah terisi kroto dan pindahkan ke tempat khusus untuk kroto, sebelum menyatu lagi dengan semut rangrang.
Atau kroto di tumpahkan di tempat ember tersendiri. Begitu seterusnya.



 Ternak Kroto Di Toples Menghasilkan Telur Ratu
Terjawab sudah yang selama ini menjadi pertanyaan sahabat semua termasuk mas bro. Seperti yang  masuk di kolom komentar maupun email. Apakah bisa ternak kroto di toples  tanpa ratu menghasilkan telur / larva ratu semut rangrang. Juga pertanyaan sebelumnya tentang gambar telur semut rangrang tanpa ratu apakah bisa menghasilkan telur (sudah di bahas). Memang sebelumnya flodesta belum bisa menjawab sesuai yang di harapkan, karena belum pernah mengalaminya.

Semut Ratu dijaga semut prajurit



Seiring dengan waktu, kali ini mas bro akan menjawab semua, bahwa ternak kroto di toples bisa menghasilkan telur ratu tanpa harus ada ratu. Mengenai semut rangrang tanpa ratu juga bisa menghasilkan telur. Tidak hanya di alam saja sekarang di toples atau ternak kroto di rumah pun dapat kita hasilkan. Semua itu sudah mas bro uji coba dan terbukti. Sementara jumlah yang ada di gambar sarang toples ada sekitar 30 ekor telur ratu. Mantab bro...
Pada saat ini perburuan ratu semut rangrang ramai di cari dimana-mana ( ora kroto tok sing diburu)  Apakah dengan cara mencari sendiri, pesan kepada penjual kroto dan pencari kroto. Sekarang adalah saatnya untuk budidaya ternak ratu sendiri. Jadi tidak perlu mencari atau berburu lagi. Tetapi tidak semudah itu untuk menghasilkan telur ratu, di butuhkan kesabaran dan proses waktu yang lama..

Dari mulai uji coba sampai pengamatan selama ini bahwa sarang semut rangrang di toples mas bro ternyata melahirkan telur ratu. Rasanya senang campur aduk (senenge puooool ). bisa menghasilkan telur ratu sendiri. Penantian yang panjang bagi flodesta untuk melihat sendiri hasil penangkaran semut rangrang di rumah, pada akhirnya tercapai juga di bulan puasa ini.

Sekedar untuk  informasi menurut penjual kroto bahwa produksi telur ratu atau ratu semut rangrang akan banyak di bulan puasa. Ternyata betul setelah survey langsung ke tkp di mana mana di penuhi telur ratu dan calon ratu (bersayap). Tentunya kroto yang di beli akan bercampur dengan telur ratu semut rangrang.

Semua ini masih dalam tahap proses untuk manjadi ratu. Gambar atau foto yang mas bro upload di flodesta adalah contoh telur ratu semut rangrang. Semoga saja mejadi usaha yang tidak sia sia dan akan sukses menjadi ratu semut rangrang. 

page counter
Free Hit Counter
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Followers

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger