Dari
varian skubek yang ada, top speed Honda BeAT seperti ada limiternya.
Putaran atas dipatok 110 km/jam tidak lebih. Memang lumayan untuk ukuran
motor standar.
Tapi, setelah dianalisis jalur atau track roller di mangkuk movable drive pulley jarak mainnya terbatas. Indikatornya penampang di ujung track bagian lingkar luar puli masih tebal. Wajar jika drive pulley kurang maksimal menekan belt.
“Tebal penampang sekitar 5 mm. Kalau track diperpanjang dengan mengecilkan penampang tadi, putaran drive pulley jadi lebih maksimal menekan belt. Top-speed jadi terdongkrak.
Track roller di mangkuk movable drive pulley diperpanjang dengan mengecilkan penampang sisa 1,5 mm. Gunakan pisau tunner.
“Selain dipapas, track roller juga diampelas 1.000 agar halus. Dan teknik ini sendiri sama dengan meringankan beban roller hingga 2 gram. Jadi enggak perlu ganti ukuran roller.
Biar lebih terasa dan tidak menurunkan akselarasi, dianjurkan untuk mengecilkan derajat penampang puli sebagai alur berputarnya belt. Standarnya 13° disarankan jadi 12°.
Saya pun menerapkan hal seperti yg dipostkan oleh bung agus tsb hasilnya skutik saya mampu menembus
120kpj. selain top speed terdongkrak cara ini juga menambah akselarasi diputaran atas tapi sayang cdi saya teriak atau mencapai limit ada saran dari mekanik untuk mengganti cdi dengan merek brt hyperband dengan bandrol 400ribuan.
Berhubung keuangan tipis sayapn mengurungkan niat itu, sekarang saya cukup puas dengan performa matic saya.
berikut adalah spesifikasi skutik saya;
mesin : standar
klep : standar
busi : iridium denso iu24
koil : blue thunder
kenalpot : semi free flow (bobokan)
roller : 11gr rata
shock : yss
ban : fdr ukuran sama kaya standar
percvt : ganjal ring
modifikasi rumah pully seperti saran bung agus oc
Catatan : untuk menembus top speed saya membutuhkan jalan yg jalur lurus sekitar 3kilo itu pun saya kira sudah mencapai limit
Tapi, setelah dianalisis jalur atau track roller di mangkuk movable drive pulley jarak mainnya terbatas. Indikatornya penampang di ujung track bagian lingkar luar puli masih tebal. Wajar jika drive pulley kurang maksimal menekan belt.
Track Roller |
“Tebal penampang sekitar 5 mm. Kalau track diperpanjang dengan mengecilkan penampang tadi, putaran drive pulley jadi lebih maksimal menekan belt. Top-speed jadi terdongkrak.
“Selain dipapas, track roller juga diampelas 1.000 agar halus. Dan teknik ini sendiri sama dengan meringankan beban roller hingga 2 gram. Jadi enggak perlu ganti ukuran roller.
Biar lebih terasa dan tidak menurunkan akselarasi, dianjurkan untuk mengecilkan derajat penampang puli sebagai alur berputarnya belt. Standarnya 13° disarankan jadi 12°.
Saya pun menerapkan hal seperti yg dipostkan oleh bung agus tsb hasilnya skutik saya mampu menembus
120kpj. selain top speed terdongkrak cara ini juga menambah akselarasi diputaran atas tapi sayang cdi saya teriak atau mencapai limit ada saran dari mekanik untuk mengganti cdi dengan merek brt hyperband dengan bandrol 400ribuan.
Berhubung keuangan tipis sayapn mengurungkan niat itu, sekarang saya cukup puas dengan performa matic saya.
berikut adalah spesifikasi skutik saya;
mesin : standar
klep : standar
busi : iridium denso iu24
koil : blue thunder
kenalpot : semi free flow (bobokan)
roller : 11gr rata
shock : yss
ban : fdr ukuran sama kaya standar
percvt : ganjal ring
modifikasi rumah pully seperti saran bung agus oc
Catatan : untuk menembus top speed saya membutuhkan jalan yg jalur lurus sekitar 3kilo itu pun saya kira sudah mencapai limit
Alamat bengkelnya dimana Bos
ReplyDelete