Home » » KHASIAT TEMU IRENG (Obat cacingan Alami)

KHASIAT TEMU IRENG (Obat cacingan Alami)

Written By Unknown on Wednesday, May 21, 2014 | 7:53 PM


TEMU IRENG (Curcuma aeruginosa ) Nama daerah dikenal dengan nama temu ireng(Jawa, Sumatera, Bali), tamu hitam (Minangkabau) temo ireng adalah salah satu temu-temuan yang juga banyak memiliki khasiat yang menguntungkan bagi kesehatan manusia.
Anak Ibu Cacingan Jelas Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya cacing di tubuh, akan membuat sang anak/orang yang menjadi induk semangnya menjadi kurus, karena sang cacing merampok zat gizi yang seharusnya diterima oleh tubuh.  bahwa cacingan tidak hanya menyerang anak-anak saja, tetapi orang dewasa pun juga bisa terkena apabila hygienitasnya jelek.
Mengapa kita tidak melirik obat alternatif  yang berasal alam ,yang telah terbukti secara empiris dan ilmiah sebagai penghalau cacing. Untuk diketahui, saat ini banyak tumbuhan obat yang masih aktif dipakai sebagai obat anti cacing di berbagai benua di dunia seperti Afrika, Asia dan Amerika latin. Bagi Indonesia sendiri, salah satu tumbuhan obat yang telah digunakan turun-temurun dan terbukti secara ilmiah sebagai obat cacing  adalah rimpang temu ireng. Namun jangan salah , ternyata selain sebagai obat cacing, rimpang ini juga memiliki khasiat lain yang tidak kalah mengagumkan
Kandungan zat yang dipunyainya antara lain : adalah minyak atsiri ±2 % dengan komponen kurzerenon, monoterpen dan seskuiterpen ( isofuranodien, furanodienon, dehidrokurdion, kukurmenon dan zedoarol) , pati,  damar dan lemak. Bahan yang umum digunakan sebagai obat tradisonal adalah perasaan ,rebusan atau seduhan dari rimpang tanaman ini.
untuk mengobati penyakit cacingan : diperlukan temu ireng ±sebesar satu ruas jari  dan ½ gelas air panas. akan lebih baik bila kita menggunakan perasan langsung dari rimpang temu ireng ini dengan menggunakan air masak,
Zat aktif yang berkhasiat sebagai obat cacing diantaranya adalah minyak atsiri (monoterpen dan seskuiterpen).
 
Takaran Untuk Obat Cacingan :
1.       Untuk anak 3 - 5 tahun diminumkan 1 kali sehari 2 sendok makan, anak 6 - 8 tahun 1 kali sehari 5 sendok makan, anak 9 - 12 tahun 1 kali sehari 8 sendok makan dan dewasa 1 kali sehari ½ gelas.
2.       Nafsu Makan Meningkat  : Kegunaan untuk meningkatkan nafsu makan ini pun tidak terbatas bagi anak-anak saja. Bila anda merasa tiba-tiba nafsu makan hilang tanpa sebab , mengapa tidak mencoba minum rebusan temu ireng ini 1-2 kali sehari ½ - 1  gelas. 
3.       Manfaat Temu Ireng Bagi Wanita : Bagi para wanita terutama ibu-ibu ternyata temu ireng ini mempunyai khasiat yang khusus pula. Walau belum ada penelitian ilmiah ataupun laporan ilmiah  mengenai hal ini, tetapi beberapa pustaka mencantumkan bahwa sebagai obat tradisional, rimpang ini telah lama digunakan  atau diberikan kepada wanita nifas untuk memperlancar pembersihan. Bahkan di temukan pula bahwa temu ireng ini merupakan bagian utama dari minuman yang diberikan kepada wanita nifas dalam waktu antara 1 – 3 hari setelah melahirkan karena khasiatnya yang diduga sebagai pembersih darah.
4.       Rebusan dari rimpang temu ireng ini mempunyai kemampuan untuk mengembalikan kesehatan uterus sang ibu setelah melahirkan baik secara normal maupun melalui pembedahan dan dapat membantu mengatasi rasa sakit pada uterus. Namun demikian penelitian mengenai keamanannya bagi ibu-ibu yang menyusui belum banyak diketahui.
Pengolahan Serbuk temu ireng untuk obat tradisional : Sedang untuk praktisnya anda bisa juga membuat ramuan tradisional dari simplisia temu ireng dengan cara cuci bersih rimpang tersebut, tiriskan dan potong tipis-tipis (3 mm) dengan arah melintang. Keringkan dengan cara diangin-anginkan ( jangan dibawah sinar matahari langsung) sampai benar-benar kering. Kemudian simpan dalam wadah yang bersih . Selanjutnya anda tinggal memakai simplisia ini sesuai dengan kebutuhan.  Dosis umum yang dipakai adalah 1 sendok makan peres serbuk temu ireng yang diseduh dengan air mendidih (air panas) sebanyak 1/2 gelas (100cc), kemudian biarkan dingin dan mengendap, dan minumlah airnya saja tanpa endapannya. Ramuan ini dapat diminum 1- 2 kali sehari
Selamat Mencoba Semoga Alloh Memberi Kesembuhan…Amiiin…
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Powered By Blogger

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger