Untuk motor matic 
hal yang paling penting diperhatikan adalah bagian v-belt dan bagian 
roller. Dalam hal ini untuk para bikers yang ingin meningkatkan performa
 dari motor matic anda diantaranya anda dapat merubah bagian Roller, 
sebelum kita membahas lebih dalam, mungkin diantara bikers ada yang 
belum mengetahui fungsi dari Roller tersebut.
Fungsi
 roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan 
keluar
 pada variator hingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan
 sebuah perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive 
sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan 
oleh Roller, baik itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting 
adalah berat dari roller.
Bentuk roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar
 dan
 sempurna mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah 
tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti Roller motor matic 
Anda. Bahan yang dipergunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena 
sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.
|  | 
| Roller Weight (jml 6 Pcs) | 
|  | 
| Pully (Rumah Roller Weight) | 
Prinsip kerja Roller pada dasarnya sebetulnya mirip sekali
 dengan Gear set, pada motor yang memiliki system penggerak rantai. 
Karena skutik menggunakan V-belt didalam menggerakan roda dengan melalui
 perputaran Kruk as roda yang sebelumnya diputar oler V-belt. 
Cara Meningkatkan Performa, Akselarasi dan top speed 
Untuk para bikers yang ingin matic nya menjadi kencang atau nyaman 
berkendara si sesuai medan, langkah berikut ini semoga dapat membantu 
memecahkan solusi anda. Dikarenakan roller sangat berpengaruh terhadap 
perubahan variabel dari 
variator, tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic. 
Aselerasi dan Top Speed sulit didapatkan secara bersamaan dalam hal ini 
sebuah 
motor matic tanpa meningkatkan kinerja dapur pacu. Dalam 
meng-”utak-atik” roller, Anda hanya akan dihadapkan pada dua pilihan 
yaitu : 
“Aselerasi” atau “Top Speed”. 
Bila kita sering melakukan perjalanan di dalam kota, melewati kemacetan,
 kondisi yang “stop and go”, dan jarak yang tidak terlalu jauh, pilihan 
Anda sebaiknya adalah Aselerasi. Aselerasi akan lebih baik
 bila Roller 
memiliki berat lebih ringan. Misalnya, bila berat standard dari roller 
yang dipergunakan adalah 13 Gram, Anda akan mendapatkan sensasi 
aselerasi ini dengan menggunakan roller 12 Gram.
Namun jikaAnda sering melakukan perjalanan antar kota dengan jarak yang
 cukup jauh atau bahkan touring dengan rekan – rekan Anda. Pilihan Top
 
Speed lebih cocok dipergunakan. Sama dengan contoh kasus diatas,
 Top 
speed yang lebih baik akan Anda peroleh dengan mengganti Roller dengan 
yang lebih berat dari berat standard, misalnya dengan Roller 14 
Gram. Biasanya performa seperti ini banyak diterapkan oleh 
kendaraan matic Yamaha Mio dan Honda Beat maupun Vario.
Cara Membeersihkan Roller  
Semakin sering motor dipakai makai akan semakin kotor bagian dalam 
mesin, begitupun dengan Roller. Kebanyakan dari Roller yang lama belum 
diganti akan menjadi terkikis dan tidak bundar lagi. Membersihkan Roller
 secara berkala juga sangat diperlukan, dengan menggunakan 
bensin dan kuas, Anda dapat menghilangkan debu-debu dan kotoran yang 
menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang memerlukan pelumasan 
(grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih sering 
dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.
|  | 
| Roller Aus | 
Begitu Bro...
 


 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Nice artikel 👍
ReplyDelete