Home » » Soal - Soal Tes Masuk Kerja (Lamaran)

Soal - Soal Tes Masuk Kerja (Lamaran)

Written By rista langi on Saturday, June 15, 2013 | 2:03 PM



Contoh soal:
Jumlah n suku pertama dari suatu deret adalah Sn = 3n^2 + n. Maka suku ke-11 dari deret tersebut adalah…

Tentu ada banyak cara untuk menyelesaikan soal ini.

Cara pertama, tentukan dulu rumus Un kemudian hitung U11. Cara ini cukup panjang. Tetapi bagus Anda coba untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman konsep deret. Rumus Un dapat kita peroleh dari selisih Sn – S(n-1) .

Cara kedua, sedikit lebih cerdik dari cara pertama. Kita tidak perlu menentukan rumus Un. Karena kita memang tidak ditanya rumus tersebut. Kita langsung menghitung U11 dengan cara menghitung selisih
S11 – S10 = U11
[3(11^2) + 11] – [3(10^2) + 10]
= 3.121 – 3.100 + 11 – 10
= 3.21 + 1
= 64

Cara ketiga, adalah rumus matematika paling cepat dari kedua rumus di atas. Tetapi sebelum menerapkan cara ketiga, kita harus memahami konsepnya terlebih dahulu dengan baik.

Are you ready?
Bentuk baku dari n suku pertama deret aritmetika adalah
Sn = (b/2)n^2 + k.n
Un = b(n-1) + a
a = S1 = U1

Anda harus pahami konsep di atas dengan baik. Cobalah untuk beberapa soal yang berbeda-beda. Tanpa pemahaman konsep yang baik, rumus cepat ini akan berubah menjadi rumus berat.

Dengan hanya melihat soal (tanpa menghitung di kertas) bahwa
Sn = 3n^2 + n

Kita peroleh
b = 6 (dari 3 x 2)
a = 4 (dari S1 = 3 + 1)

U11 = 6.10 + 4 = 64 (Selesai)

Semua perhitungan di atas dapat kita lakukan tanpa menggunakan alat tulis. Semua kita lakukan hanya dalam imajinasi kita. Ulangi beberapa kali. Anda pasti akan menguasainya dengan baik.

Trik untuk menguasai rumus cepat matematika adalah kuasai pula rumus standarnya – rumus biasanya. Dengan menguasai dua cara ini Anda akan semakin terampil menggunakan rumus cepat matematika.







 

Rumus Keliling Lingkaran

K = 2 . pi . r
Dik :
K = Keliling lingkaran
pi = 22/7
r = jari-jari / radius



Cara mencari rumus deret bilangan

Contoh contoh barisan bilangan yang memiliki pola :
A.             2   5   9   14   20 ………………
       3   4   5    6………..
          1    1   1…………..

( pola barisan tingkat 2 )

Didapat dari rumus :     Un = ½ (n2 – 3n)

B.       3   5   7   9   11
       2   2   2   2
          0    0   0

( pola barisan ganjil )

Didapat dari rumus :     Un = 2n + 1



Contoh barisan bilangan yang tak berpola :
A.      1   1   2   3   5   8   13   21 …………..
       0   1   1   2   3   4    5…………..

( penjumlahan dua angka di belakangnya cth: 1+1=2 )

         
          Disini gue akan memberi tahu bagaimana cara mencari rumus deret bilangan, bukan cara mencari suku ke-n. Oke tadi di awal Gue udah jelasin contoh-contoh barisan bilangan, nah di setiap barisan mempunyai rumusnya masing-masing untuk menemukan rumus itu ada dua cara yang bisa di kerjakan, pertama lu bisa mencoba dan memikirkan bagaimana rumusnya yg memakan waktu cukup lama atau yang kedua lu pake cara yang udah pasti kebenarannya Cuma lu harus menghafal rumusnya aja tapi ingat cara ini hanya bisa dipakai di barisan bilangan yang memiliki pola. Nah kali ini gue bakal nerangin bagaimana cara untuk mencari rumus deret bilangan. Bagi yg butuh langsung liat aje dan bagi yang ada kesulitan matematika bisa langsung coment aja. Oke ga usah nungu lama langsung tengok kebawah aja masbro

Rumus dan cara yang harus dihafal






2A              = Bawah                        X     X     X     X     X     X ….............






3A + B       = Tengah                           X     X     X     X     X …………



 

A + B + c   = Atas                                    X      X     X     X ……..


 Setelah A, B, dan C didapat masukan rumus Un = An2 + Bn + C
di ambil dari rumus pascal : F(x) = Ax2 + Bx + C
Karena yg di cari suku ke-n maka x dirubah n

Untuk lebih memudahkan kita langsung ke contoh

2     5     10     17     26 …………..
   3     5       7       9 ……….
      2      2       2 ………


2A              = 2                                 3A + B       = 3
  A              = 2/2                              3(1) + B     = 3
  A              = 1                                           B       = 3 – 3
                                                                   B       = 0

A + B + C = 2
1 + 0 + C    = 2
             C    = 2 – 1
             C    = 1

                                                               Jadi  A = 1
                                                                         B = 0
                                                                         C = 1


Rumus :     Un = An2 + Bn + C
                    Un = (1)n2 + (0)n + 1
                    Un = n2 + 1       


________________________________________________________________________________

Psikotes Logika Matematika Episode 1-5

Jawaban psikotes khusus soal matematika, akan gue jabarkan dalam bagian ini. Sumpah! Capek banget nulis soalnya apalagi nulis jawabannya. Demi keselamatan kita bersama, untuk menghindari banyaknya muntahan yang tercipta garagara baca blog gue. Gue akan membagi duapuluhlima soal (yang sesungguhnya) ke dalam lima bagian. Jadi tiap posting gue akan nampilin lima soal saja. Hehehe. Beres kan. Gue ga perlu repotrepot ngepel muntahan lu yang berserakan dimanamana.


Oke. Sebelumnya udah baca Psikotes dan Psikotes Deret Angka? Karena psikotes yang satu ini membutuhkan tenaga yang lebih untuk menguras otak. Dianjurkan sarapan terlebih dahulu serta mandi dan masuk wc. Sangat dipastikan karena setelah mengerjakan soalsoal ini badan lu akan terasa lamah-letih-lesu-lunglai-LETOY kebanyakan liat angka yang diperumpamain, dengan keringat yang membanjir bandang membuat ketek lu tenggelam dalam kenistaan, perut otomatis penuh karena semua aliran darah-udara-air tertahan disana. Jadi persiapkan diri lu secara matang. Cekidot guys.
Logika Matematika. Episode 1 dari 5 Episode.
Tes ini digunakan untuk mengungkap kemampuan intelektual seseorang, terutama kemampuan penalaran berhitung dan berpikir secara logis.
Skor. Jawaban benar.
  • 1-7 : kurang
  • 8-14 : cukup
  • 15-20: baik
  • 21-25: sangat baik
Petunjuk.
Soalsoal dibawah ini terdiri dari pernyataanpernyataan yang membuatuhkan penalaran dan kemampuan berhitung. Bacalah soal secara saksama kemudian pilihlah jawaban yang paling tepat.
  1. Ali adalah kakak Hasan, 4 tahun lebih tua. Sinta adalah kakak Ali dan berbeda 3 tahun. Berapakah usia Sinta, jika saat ini Hasan baru saja merayakan ulangtahun yang ke-21?
  2. Sebuah pesawat terbang dapat menempuh jarah 10 km dalam tempo 40 detik. Manakah yang bukan kecepatan pesawat terbang tersebut? 450 km/jam, 15 km/menit, ¼ km/detik, 900 km/jam, 250 m/detik.
  3. Dari bilangan di bawah ini, yang dapat habis dibagi 4 adalah … 94, 38, 26, 102, 74, 30, 54, 42, dan 356.
  4. Perhatikan sedert bilangan berikut. 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, dan 14. Dari bilangan di atas, yang tidak dapat dibagi 4 adalah, kecuali …
  5. Seorang pedagang menjual jambu dengan harga Rp 15.000/kg. Di dalam tokonya terdapat 6 dus dan di setiap dus berisi 5 kg jambu. Dua bekas tempat jambu itu masih bisa dijual lagi dengan harga Rp 2.000/dus. Berapakah uang hasil penjualan seluruh jambu dan dus tersebut?
Sudah?
Tarik nafas. Hembuskan. Tarik nafas dari idung. Keluarkan lewat pantat.
Jawabannya adalah, (klik gambarnya biar jelas)




Terlalu mudah ya ;) Ini baru permulaan. HAHAHAHA *ketawa setan* Gue kasih pe’er nih,
6. Pak Andri mempunyai uang Rp 2.700.000 dan berniat untuk membeli TV. Harga TV tersebut sebelum didiskon adalah Rp 2.400.000, sedangkan besar diskonnya adalah 35%. Selain itu pak Andri juga belanja bulanan untuk keperluan rumah sebesar Rp 230.000. Berapakah sisa uang pak Andri saat ini?

_______________________________________________________________________________

Psikotes Logika Matematika Episode 2-5

Kelanjutan dari episode sebelumnya, (baca: episode 1), gue akan ngebahas soal nomer enam sampe sepuluh. Gimana pe’ernya yang kemarin udah dikerjain belum? Edodoe. Gimana mau pinter matematika kalo ngerjain pe’er aja nyalin jawaban temen. Lu ga mau kan dapet IQ jongkok karena keseringan nyontek jawaban temen? Biasanya sih ya kalo ada temen yang relain tugas-pe’er-sampe ujiannya dia dicontekin ke eluelu semua, seharusnya lu harus waspada. Karena ada udang dibalik rengginang, dia pasti ada maunya.
  • Biar lu harus nraktirin dia di kantin
  • Biar bisa jadi anak nyokap-bokap lu
  • Yang paling parah, biar bisa jadian ama lu
  • Yang lebih parah, biar kapasitas otak lu yang nganggur karena sering ga dipake –didoain ama orang teraniaya, jadi masuk dalem otaknya. Dia jadi lebih pinter.
Dalam teori contek-mencontek, hanya 24,73% orang mencontek yang bisa lebih pinter dari yang dicontek. Sisanya .. orang yang nyontekin ratarata jadi makin pinter di kemudian hari garagara sering nyontekin. Apa karena berbagi kepintaran gitu ya? Lalu dikasih mukjizat sama Tuhan, jadi makin pinter. Nahloh. Mending sekarang ubah posisi lu. Yang dulunya sering nyontek, ayo dong sesekali nyontekin (tapi nyontekinnya yang bener, jangan yang salah –nanti malah MENYESATKAN). Yang dulunya sering nyontekin, ojo rekoso, sesekali nyontek dong. Biar otaknya ga capek. Santai bro ;)
Ayoyo sob. Siapa yang bisa ngerjain soal ini paling cepet. Angkat kaki!
Kalo soal yang kemarin level tiga, sekarang udah level lima. Ibarat sekolahan, kalo lu ga bisa ngerjain, harus remidi. Kalo abis remidi tapi gagal juga, sok atuh langsung liat kunci jawabannya :D *aldilalala emang guru yang bijaksana*
Logika Matematika. Episode 2 dari 5 Episode.

Tes ini digunakan untuk mengungkap kemampuan intelektual seseorang, terutama kemampuan penalaran berhitung dan berpikir secara logis.
Skor. Jawaban benar.
  • 1-7 : kurang
  • 8-14 : cukup
  • 15-20: baik
  • 21-25: sangat baik
Petunjuk.
Soalsoal dibawah ini terdiri dari pernyataanpernyataan yang membuatuhkan penalaran dan kemampuan berhitung. Bacalah soal secara saksama kemudian pilihlah jawaban yang paling tepat.
  • 6. Pak Andri mempunyai uang Rp 2.700.000 dan berniat untuk membeli TV. Harga TV tersebut sebelum didiskon adalah Rp 2.400.000, sedangkan besar diskonnya adalah 35%. Selain itu pak Andri juga belanja bulanan untuk keperluan rumah sebesar Rp 230.000. Berapakah sisa uang pak Andri saat ini?
  • 7. Anto berangkat dari kota X pada pukul 10.20 dan tiba di kota Y pada pukul 14.40. Jika ia mengendarai mobilnya dengan kecepatan ratarata 75 km/jam dan beristirahat selama 1/3 jam, berapakah jarah dari kota X ke kota Y?
  • 8. Harga sewa mobil di sebuah persewaan mobil adalah Rp 375.000/24 jam pertama, sedangkan kelebihan dua jam berikutnya dikenai denda Rp 25.000. Jika suatu hari, Jerry menyewa sebuah mobil dan diharuskan membayar Rp 625.000, berapa lama Jerry menyewa mobil tersebut?
  • 9. Danang bekerja sebagai kurir di sebuah perusahaan pengiriman barang di Bandung selama 5 jam per hari dan 6 hari dalam seminggu. Danang mendapat upah sebesar Rp 3.500 per jam dan uang lembur sebesar Rp 5.000/ jam. Jika dalam 4 minggu Danang menerima uang sebesar Rp 650.000, berapakah lama lemburnya?
  • 10. Jika umur Toni setengah dari umur Tama, umur Tini 14 tahun lebih mudah dari Tama. Dan jumlah umur Toni dan Tini adalah 34 tahun, berapakah umur Toni, Tama, dan Tini?
Jawabannya adalah, (klik gambarnya biar jelas)




So far. Gimana sob menurut lu logika matematika itu? Mudah bukan ;) Ada tugas lagi nih. Hihihi *seneng banget gue kasih pe’er*
11. Deny mempunyai uang 4 kali lipat uang Dany. Sedangkan uang Dany hanya ¼ dari uang Doni. Uang Dony hanya ½ uang Diny. Uang siapakah yang paling banyak?
Coba kerjaiin yah...


__________________________________________________________________________

Psikotes Logika Matematika Episode 4-5 dan 5-5


Ini ngapain dimunculin gambarnye one direction ea?
Sebagai syukuran aja pembahasan tentang psikotes logika matematika udah selesai, ditamattamatin hari ini juga. Alhamdulillah akhirnya. Jadi ga perlu muntah lagi ngeliat angkaangka sebegitu banyak. Mending liat yang gantengganteng, kayak bang Zayn Malik *cupcupmuah
Episode terakhir ini, langsung gue kasih pembahasan sepuluh nomer. Jawabannya gue gedegedein biar doain badan gue juga ikut gede. Amiin. Betewei. Pe’er yang kemarin udah dikerjain belom ya ..
Gue aslinya ga enak ati ngeposngepos halhal abstrak kayak matematika gini, cuman mau gimana lagi, bawaan orok .. mata duitan. Maap ya pembaca sekalian. Dinikmatin aja deh meskipun ga suka. Lebih baik lagi kalo dipelajari dan dipahami. Siapa tau soal ini keluar untuk ujian akhir nasional tingkat paud dan teka. Cekidot guys.
Logika Matematika. Episode 4-5 dan 5-5.
Tes ini digunakan untuk mengungkap kemampuan intelektual seseorang, terutama kemampuan penalaran berhitung dan berpikir secara logis.
Skor. Jawaban benar.
  • 1-7 : kurang
  • 8-14 : cukup
  • 15-20: baik
  • 21-25: sangat baik
Petunjuk.
Soalsoal dibawah ini terdiri dari pernyataanpernyataan yang membuatuhkan penalaran dan kemampuan berhitung. Bacalah soal secara saksama kemudian pilihlah jawaban yang paling tepat.
  • 16. Seseorang ingin memasang iklan sebanyak 5 baris untuk menjual sepeda motornya. Untuk hari pertama, biaya yang harus dikeluarkan Rp 400/baris. Untuk 5 hari berikutnya, biayanya adalah Rp 200 per baris per hari. Untuk hari ketujuh dan seterusnya, biayanya adalah Rp 100 per baris setiap harinya. Jika ia membayar Rp 12.000, berapa lama iklan itu dipasang?
  • 17. Untuk memasang 4 buah ketel, dibutuhkan persediaan batu bara selama 5 minggu. Berapa lama persediaan batu bara yang dibutuhkan untuk memanaskan 20 buah ketel?
  • 18. Seorang pedagang membeli beberapa ekor anak unta dengan harga Rp 600.000. Kemudian, ia menjualnya seharga Rp 810.000 dan mendapatkan keuntungan Rp 30.000 per ekor unta. Berapa ekor anak unta yang dibeli atau dijual?
  • 19. Jika untuk menggali sebuah sumur selama 8 hari dibutuhkan 5 orang penggali, berapa orang penggali yang diperlukan untuk menggali sumur dalam waktu 4 hari?
  • 20. Seorang pembuat jalan harus memasang tegel yang panjangnya 5 dm dan lebarnya 50 cm. Ia membutuhkan 400 buah tegel. Berapa meter persegi luas jalan tersebut?
  • 21. Sebuah perusahaan merencanakan membuat kursi dan meja. Jumlah kedua macam barang tersebut adalah 30 buah dan jumlah menja adalah 4 kali lebih banyak dari jumlah kursi. Berapakah jumlah meja yang akan dibuat?
  • 22. Di dalam sebuah kandang terdapat 60 ekor angsa, yang terdiri dari 33 ekor angsa jantan. Dari jumlah pejantan tersebut, terdapat 21 ekor angsa dnegan bulu berwarna hitam. Jika jumlah semua angsa berbulu hitam adalah 40 ekor, berapakah jumlah angsa betina yang tidak hitam?
  • 23. Seorang pedagang menjual sebuah barang dengan harga Rp 84.000, ternyata ia mendapatkan keuntungan 20% dari harga beli. Berapakah harga pembelian barang tersebut?
  • 24. Sebuah perusahaan permen mempunyai tiga buah gudang di setiap kota. Setiap gudang menyimpan 100 dus permen. Satu dus terdiri dari 15 bungkus besar. Satu bungkus besar berisi 12 bungkus kecil. Harga satu bungkus kecil permen adalah Rp 7.500. Dari setiap gudang, perusahaan menyisihkan 25% dari hasil penjualan permen untuk membayar gaji karyawan, 20% untuk modal dan bahan baku, dan 10% untuk biaya operasional gudang. Berapakah keuntungan bersih (netto) perusahaan permen tersebut?
  • 25. Seorang karyawan bekerja 9 jam sehari. Dalam satu minggu ia bekerja 5 hari dengan bayaran Rp 25.000 per jam kerja dan Rp 50.000 per jam lembur. Dalam sebulan bekerja ia menerima gaji sebesar Rp 5.350.000. Berapakah jumlah jam lemburnya dalam sebulan?
Huft. Capek juga bacanya. Langsung aja deh ..
Jawabanya adalah........








____________________________________________________________________________

Psikotes Deret Angka

Sesuai dengan janji gue, gue akan ngebahas soalsoal deret angka yang gue comot dari buku Super Psikotes empunya Tim Cerdas Edukasi terbitan Tangga Pustaka yang seharga lima puluh ribu ini (baca sebelumnya: Psikotes). Sebelum memulai. Mari kita berdoa sesuai dengan agama, kepercayaan, dan tokoh power ranger favorit masing-masing.


Nah. Sudah siapkah lu melihat angka-angka segini banyak?

Deret ini enggak mengenal rumus deret aritmatika maupun geometri yang sering lu pelajarin di esema. Bahkan matakulia yang pernah gue pelajarin juga ga pernah ada yang bahas deret aneh kayak beginian. Cuman logika yang main dalem otak. Kalo sempet sih, nyontek punya tetangga sebelah. Itupun kalo bisa
Kalo pusing, langsung merem. Kalo ga kuat nahan napas, ambil ember lalu muntah. Kalo takut karena serem kayak ngeliat setan, ambil paku yang ada di kepalanya. Beres? Ayo tarik mang!
Deret Angka.
Tes ini digunakan untuk melihat kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan seseorang dalam mengerjakan sesuatu.
Skor. Jumlah jawaban benar.
  • 1-7 : kurang
  • 8-11: cukup
  • 12-16 : baik
  • 17-20 : sangat baik
Petunjuk.
Soalsoal di bawah ini terdiri dari suatu deret angka yang mempunyai pola tertentu dan belum selesai. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat berdasarkan pola dari deret angka yang sudah ada *sengaja ga gue kasih pilihan jawaban, nulisnya CAPEK
  1. 3              4              7              12           19           28           39           …            …
  2. 3              3              6              18           72           360         …
  3. 1              3              7              15           31           63           …
  4. 9              12           18           27           39           54           72           …
  5. 17           9              27           24           37           39           47           …
  6. 5              3              7              5              9              7              11           …
  7. 64           32           16           8              …
  8. 5              17           10           14           20           11           40           8              …
  9. 3              7              16           35           74           …
  10. 2              3              5              7              10           13           17           21           …
  11. 3              6              6              12           12           24           24           …
  12. 2              3              1              3              5              4              4              7              …
  13. 2              4              …            …            32           64
  14. 72           4              36           8              …            …            9              32
  15. 5              15           10           20           15           25           …            …
  16. 3              6              4              8              6              12           10           …            …
  17. 18           15           12           24           21           …            …            33           30
  18. 40           44           22           26           13           17           …
  19. 16           17           19           22           26           31           30           28           25           21           …
  20. 4              11           5              12           6              13           7              14           …            …
Jawabannya adalah,
  1. 3              4              7              12           19           28           39           …            … 
  2. 3              3              6              18           72           360         … 
  3. 1              3              7              15           31           63           … 
  4. 9              12           18           27           39           54           72           … 
  5. 17           9              27           24           37           39           47           … 
  6. 5              3              7              5              9              7              11           … 
  7. 64           32           16           8              … 
  8. 5              17           10           14           20           11           40           8              … 
  9. 3              7              16           35           74           … 
  10. 2              3              5              7              10           13           17           21           … 

___________________________________________________________________________

Psikotes Wartegg

Wartegg. Yang dimaksud disini bukan WARung TEGGal. Tapi semacam psikotes yang digunakan untuk mengetahui emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Kemarin gue ikutan psikotes kerja. Okeh gue emang kuat di bagian angka, tapi kurang pada bagian gambar. Gue tau tentang tes wartegg ya sepulang dari tes. Jawaban gue ancur jez. Parah banget dah.
Sebenernya wartegg ini bisa dipelajari, itu untuk yang belajar sebelumnya, lah gue? Ah aldilalala bodo banget dah. Malem sebelumnya, gue malah sibuk nonton drama korea ketimbang belajar.
Dalam Wartegg Test, lu akan diberikan selembar kertas yg berisi 8 kotak yg ada stimulus-stimulusnya, kemudian testee akan memberikan perintah untuk melengkapi gambar yg ada di kotak tersebut.

psikotes wartegg
Dari delapan gambar tersebut, gue gambar (sesuai dengan urutan) berikut:
  1. Kotak 3: gambar grafik naik + tulisan UP dan arah panah
  2. Kotak 8 : gambar payung + gerimis mengundang
  3. Kotak 6 : gambar mobil dengan lampu menyala padahal masih siang
  4. Kotak 1 : gambar anak kecil + bunga matahari raksasa (M) (+)
  5. Kotak 5 : gambar orang dan baju
  6. Kotak 2 : gambar pesawat terbang (S)
  7. Kotak 4 : tiga apartemen dengan banyak jendela (-)
  8. Kotak 7 : gambar kelinci kecil + rumput aneh
(M) : gambar yang paling mudah digambar, soalnya gue terlalu sering gambar chibi kartun gue. (S) : gambar yang paling susah dibuat, sumprit, gue gambar pesawatnya ga pake ekor, sayapnya cuma satu, pantes aja nubruk gunung salak :-S. (+) : gambar yang paling disukai, jelas gue suka gambar diri sendiri :D . (-) : gambar yang paling ga disukai, karena apartemennya jelek, gue ga suka.
Mana ga boleh pake penghapus lagi. Jadi setiap kali gambar, yaaa .. ribet deh. Rempong sendiri. Dan ketika gue liat diinternet, tentang kunci jawaban wartegg ini, gue kaget setengah idup.
Kunci jawaban:

kunci jawaban wartegg
  • gbr 1. berupa titik ditengah kotak: ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri, yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan
  • gbr 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri: menunjukkan fleksibilitas perasaan.
  • gbr 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ambisi
  • gbr 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan: mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan
  • gbr 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya): mengukur bagaimana cara bertindak.
  • gbr 6. berupa garis horisontal & vertikal: mengukur cara berpikir/analisa & sintesa
  • gbr 7. berupa titik2 melengkung: menyangkut kehidupan dan perasaan (apakah sudah stabil, kekanakan)
  • gbr 8. berupa lengkungan: mengenai kehidupan sosial/hubungan sosial
Berikut Rahasianya:

kunci jawaban wartegg
Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.
Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:
Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII).
Yang perlu di ingat adalah untuk garis lengkung, sebaiknya kamu gambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya kamu gambar benda mati. Jika kamu gambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian kamu…
Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal: jika saat mengambar kamu terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa kamu adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika kamu gambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti kamu termasuk orang yang keras kepala…
Apa yang kamu gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ kamu. Kalo kamu gambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika kamu menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”

______________________________________________________________________________

Interpretasi Psikotes Wartegg


Tapi .. gue sendiri enggak tau apakah jawabanjawaban disana bener apa enggak. Soalnya kan gue cuman comot sanasini dari internet. Nahloh. Untung ada power ranger, eh, maksudnya ada sodara gue yang ada di solo yang bernama dek tio. Orangnya ganteng, penuh senyuman, dan ini adalah fotonya ketika masih sangat-sangat-sangat kurus.
Sekarang?
Hhhmm. Cek aja sendiri deh timbangan badannya, jebol apa enggak
Kenapa dek tio tau cara menginterpretasi?
Karena dia kulia di jurusan psikologi. Yaiyalah. Masak jurusan pertanian. Apalagi jurusan matematika.
Kemudia gue kirimkan hasil pengerjaan psikotes wartegg gue –yang selama ini (alhamdulillah ya) berkalikali selalu lolos, dan sedetik kemudian muncul jawaban. Wuzz.
psikotes wartegg


  • Cara Berfikir
Subyek menyukai hal hal yang nyata, didominasi oleh rasa sadarnya. Subyek didominasi oleh fungsi fungsi intelektual dalam memecahkan suatu masalah. Subyek juga tegas dalam pendirian. Tetapi kadang kadang cenderung kedalam kurangnya menggunakan intelegensi atau pikiran dikarenakan subyek termasuk rileks, sehingga lengah atau lalai.
  • Emosi
Subyek bersikap rileks, tenang, wajar, tetapi kurang jantan karena memilih untuk menghindari konflik. Subyek memiliki rasa ambisius dan dorongan untuk maju atau sukses tergolong besar.
  • Relasi Sosial
Subyek mudah menyesuaikan diri dan cepat dalam beradaptasi, peka terhadap lingkungan. Subyek memiliki sikap yang spontan, fleksibel, bersemangat dan memiliki gairah hidup.
Lalu? Apakah interpretasi ini akan tampak bagus di depan direksi?
Ga ada yang tau. Karena sebagus apapun hasil psikotes, kalo ga sesuai dengan posisi yang dibutuhkan ya bakal ga diterima.
Sama halnya jika hasil psikotes lu amat sangat tinggi tapi posisi yang dibutuhkan cuman jadi OB.
Semoga hasil psikotes wartegg lu berhasil. Semangaaat cintaaah
Nah. Itulah sekelumit info tentang hasil interpretasi mahasiswa psikologi

__________________________________________________________________________
Adapun, Tes Bakat Skolastik atau TBS pada umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.



Latihan TBS : Tes bahasa


Tes bahasa berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

Persamaan Kata (Sinonim)


1. Dikooptasi

1. Didekati
2. Dirumuskan
3. Dikendalikan
4. Ditengarai
5. Diputuskan

2. Harmoni

1. Nada
2. Tangga nada
3. Selaras
4. Sama
5. Seimbang


Lawan Kata (Antonim)

3. Keseragaman

1. Monopoli
2. Berdua
3. Tinggi rendah
4. Disparitas
5. Uni

4. Harga barang naik

1. Deflasi
2. Defaluasi
3. Infaluasi
4. Refaluasi
5. Defisiensi


Padanan Hubungan Kata


5. Agama : Atheis

1. Sandal : Sakit kaki
2. Tali : Jatuh
3. Menikah : Bujang
4. Antena : Sinyal
5. Buku : Bodoh

6. Sepeda motor : Bensin

1. Kuda : Kaki kuda
2. Pesawat terbang : Avtur
3. Pedati : Kuda
4. Hand phone : Listrik

Pengelompokan Kata


7. Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya ?

1. Tidak dinamis
2. Fluktuatif
3. Statis
4. Diam
5. Status Quo

8. Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya ?

1. Jumawa
2. Angkuh
3. Congkak
4. Egaliter
5. Tinggi hati


Latihan TBS : Tes angka


Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

Aritmetika


9. (3/4) A = 7 + (3/2) A. Berapakah nilai A ?

1. -12/7
2. 21/4
3. -21/4
4. 28/3
5. -28/3

10. 32/9 : 0,75 =

1. 6/16
2. 3
3. 3,5
4. 16/6
5. 16/5


Seri Angka


11. Seri angka: 18 16 0 19 17 0 selanjutnya

1. 20 18
2. 22 20
3. 18 20
4. 21 18
5. 23 19

12. Seri angka: 80 60 41 24 10 selanjutnya...

1. 8
2. 6
3. 4
4. 2
5. 0

Untuk Tes Seri Huruf, Tes Logika Angka, dan Tes Angka Dalam Cerita akan kami sampaikan nanti.


Latihan TBS : Tes logika


Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram. Pelajari pula soal psikotes yang sering dipakai oleh perusahaan untuk rekrutmen tenaga kerja.

Logika Umum

13. Sebagian pemain sepak bola mengeluhkan masa depannya setelah pensiun dari bermain bola.

1. Bambang adalah pemain sepak bola. Dia pasti mengeluh soal masa depannya
2. Ranti bukanlah pemain sepakbola, jadi dia tak pernah mengeluhkan masa depannya
3. Kalau ada yang mengeluh soal masa depan, pastilah dia itu pemain sepak bola
4. Meskipun Budi adalah seorang pemain sepak bola, belum tentu dia mengeluh soal masa depannya.
5. Masa depan seorang pemain sepakbola memang tak pernah bagus

Analisa Pernyataan dan Kesimpulan (Silogisme)

Petunjuk tes logika silogisme ini, jawablah :

A. Bila benar
B. Bila salah pada pernyataan pertama
C. Bila salah pada pernyataan kedua
D. Bila pernyataan pertama dan kedua salah
E. Bila salah pada kesimpulan

14. Perusahaan mebel X tidak pernah memberi pesangon besar kepada karyawannya yang dipecat
Pak Adi adalah karyawan yang selalu berprestasi diatas rata-rata karyawan lainnya.
Jadi, andaikan pak Adi dipecat tahun depan, pastilah pesangon pak Adi besar.

15. Setiap hari Jum'at seluruh Pabrik tahu di Ambarawa libur dan tidak beraktifitas
Hari ini Pabrik tahu di Ambarawa libur
Jadi, hari ini pasti hari Jum'at

Untuk Tes Logika Dalam Cerita, Tes Logika Diagram, dan Tes Logika Simbolisasi akan kami sampaikan nanti.


Latihan TBS : Tes spasial


Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika (imajinasi) ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini terdiri dari tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Seri Gambar

16. Tes seri gambar ini mirip dengan seri angka maupun seri huruf. Anda diminta untuk menganalisa gambar apa yang akan menjadi gambar lanjutan dari sederet gambar yang ada



____________________________________________________________________________

Secara umum Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, jenis soal tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.

Berikut kami sampaikan Latihan Soal Tes Potensi Akademik untuk persiapan Tes Cpns tahun 2013, selamat menyimak!



Latihan Soal : Tes verbal


Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

Tes Sinonim

Soal dari tes persamaan kata ini meminta anda untuk mencari satu kata yang setara atau sama atau serupa maknanya dengan makna kata tertentu yang diminta.

1. Anonim
A. Nama singkat
B. Singakatan
C. Kepanjangan dari
D. Tanpa nama
E. Nama kecil


2. Pandir
A. Agak pintar
B. Bodoh
C. Pandai hadir
D. Tidak Jenius
E. Pemandangan


Tes Antonim

Tes antonim ini cukup sederhana. Anda diminta untuk mencari lawan kata atau kata yang bertentangan dengan kata tertentu.

3. Landai
A. Datar
B. Curam
C. Sedang
D. Luas
E. Lapang


4. Enmity
A. Kekasih
B. Hubungan
C. Pertengkaran
D. Persahabatan
E. Perseteruan


Tes Padanan Hubungan

5. Bulan : Bumi, Bumi :
A. Tata surya
B. Planet
C. Bintang
D. Matahari
E. Bulan

6. Platina : Logam, Permata :
A. Intan
B. Batu
C. Emas
D. Safir
E. Akik


Tes Pengelompokan Kata

7. Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya ?
A. Minister of Defence
B. Minister of Economy
C. Prime Minister
D. Minister of Trade
E. Foreign Affair Minister

8. Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya ?
A. Borobudur
B. Pencak Silat
C. Monas
D. Batik
E. Karate


Latihan Soal : Tes angka


Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

Tes Aritmetik

9. Berapakah nilai dari

8,0049 : 0,0015 =
A. 5336,6
B. 533,66
C. 53,366
D. 53366
E. 533,55

10. Berapakah 27,5% dari 200 ?
A. 45
B. 550
C. 55
D. 54
E. 54,5


Tes Seri Angka

11. Seri angka : 75 97 60 92 45 selanjutnya...
A. 87
B. 78
C. 102
D. 75
E. 54

12. Seri angka: 1 5 9 2 6 10 3 selanjutnya...
A. 6 11 4
B. 7 11 4
C. 7 12 5
D. 6 12 3
E. 8 11 5


Tes Logika Angka

13. Jika x-y = 1. Dan Xy = 64. Mana pernyataan yang benar berikut ini ?
A. x = y -1
B. x = y64
C. x > y
D. x = 64y
E. y = 1/64x


14. Nilai m = 4 dan n = -4. Jika p = (-m-n)9 dan q = (-n+n)2 Maka yang benar adalah...
A. p = q
B. p > q
C. p – q = -8
D. q – p = 64
E. q < (p-64) Tes Seri Huruf

15. Seri huruf: e h a j m b selanjutnya adalah...
A. p s
B. p t
C. o q
D. o r
E. o s


16. Suatu seri huruf : z v r selanjutnya adalah...
A. m
B. o
C. t
D. l
E. n


Tes Angka Dalam Cerita

17. Sony adalah seorang karyawan perusahaan terkemuka yang gemar membaca koran sambil meminum secangkir kopi luwak kesukaannya. Jika Sony bisa membaca 2 halaman koran tiap x menit. Maka dalam 7 menit Sony mampu membaca berapa halaman ?
A. 14/2x
B. 14/x
C. x/14
D. 7/2x
E. 7/x

18. Tiga kakak beradik bernama Nia, Nanik dan Nur. Nanik 9 tahun lebih tua dari Nia. Nur 2 tahun lebih tua dari Nanik. Dan bila usia mereka dijumlah akan mendapatkan angka 95. Berapakah usia Nia sekarang ?
A. 26
B. 35
C. 15
D. 24
E. 25


Latihan Soal : Tes logika


Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Tes Logika Umum

19. Semua mahasiswa Perguruan Tinggi memiliki Nomor Induk Mahasiswa. Andi seorang mahasiswa. Jadi,
A. Andi mungkin memiliki nomor induk mahasiswa
B. Belum tentu Andi memiliki nomor induk mahasiswa
C. Andi memiliki nomor induk mahasiswa
D. Andi tidak memiliki nomor induk mahasiswa
E. Tidak dapat ditarik kesimpulan

20. Permen yang dibungkus dalam kemasan menarik sangat laris terjual. Permen X dibungkus dalam kemasan berwarna merah menyala. Menurut anak-anak, warna merah menyala sangatlah menarik.
A. Permen X kurang laris terjual di kalangan anak-anak
B. Permen X tidak laku terjual di kalangan orang dewasa
C. Permen X laris terjual
D. Permen X laris terjual di kalangan anak-anak
E. Tidak dapat ditarik kesimpulan


Tes Analisa Silogisme

21. Semua mammalia bernafas dengan paru-paru
Ikan salmon adalah mammalia
Jadi, ikan salmon bernafas dengan paru-paru

22. Semua pejabat Pemda mendapatkan mobil dinas
Pak Rahmat adalah mantan pejabat Pemda
Jadi, Pak Rahmat tidak lagi mendapatkan mobil dinas


Tes Logika cerita

23. Ada 8 kotak peti, masing-masing diberi nomor 1 sampai 7. Buah jambu, melon, semangka, jeruk, mangga dan durian akan dimasukkan kedalam peti-peti tersebut dengan aturan sebagai berikut :
• Durian harus dimasukkan ke peti nomor 4
• Semangka tidak boleh diletakkan tepat disamping melon
• Jeruk harus diletakkan disamping mangga

24. Jika melon diletakkan di peti nomor 2, maka mana yang tidak boleh dilakukan ?:
A. Semangka diletakkan di nomor 3
B. Jeruk diletakkan di peti nomor 5
C. Mangga diletakkan di peti nomor 7
D. Semangka diletakkan di peti nomor 5
E. Jambu diletakkan di peti nomor 1


Tes Logika diagram

Dalam soal tes jenis ini, kita diminta untuk melakukan penalaran terhadap berdasarkan diagram yang telah disediakan dalam soal. Soal jenis ini terkadang terlihat mudah, namun bila tidak berhati-hati seorang peserta Tes Potensi Akademik sering terjebak memilih jawaban yang keliru.



25. Berdasarkan diagram diatas, manakah pernyataan yang tidak benar dibawah ini ?
A. Sebagian A adalah juga B
B. Sebagian B juga A
C. Sebagian E adalah B
D. Semua D adalah B
E. Semua E adalah A


Latihan Soal : tes spasial


Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Tes Seri Gambar

26. Carilah gambar lanjutan dari sederet gambar berikut




Tes Hubungan Gambar

27. Carilah padanan (kesetaraan) hubungan gambar berikut ini...




Tes Pengelompokan Gambar

28. Carilah gambar yang tidak masuk dalam kelompoknya...




Tes Bayangan Gambar

29. Gambar sebelah kiri adalah gambar asli yang harus anda cari bayangannya di sebelah kanan. Garis vertikal adalah cermin.




Tes Indentifikasi Gambar

30. Kertas berbentuk apa sajakah yang diperlukan untuk menutup rangka kawat berikut ini ?





____________________________________________________________________

Tes Skala Kematangan adalah sebuah tes psikologi atau soal psikotes yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Dalam Ilmu Psikologi, Tes Skala Kematangan merupakan adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness. Para psikolog yang mengembangkan Maturity Test ini antara lain Dr. Robert Epstein, seorang psikolog Amerika yang meraih gelar PhD bidang Psikologi dari Universitas Harvard pada tahun 1981.

Secara umum, materi Tes Skala Kematangan yang diujikan dalam psikotes pada umumnya menekankan pada aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh seorang pegawai profesional. Aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam Tes Skala Kematangan tersebut diantaranya :


  1. Aspek integritas
  2. Aspek kejujuran
  3. Aspek tanggungjawab
  4. Aspek kemampuan beradaptasi.
  5. Aspek pengendalian diri
  6. Aspek semangat berprestasi
  7. Aspek inisiatif
  8. Aspek kreatifitas kerja
  9. Aspek ketekunan
  10. Aspek penghargaan terhadap orang lain
  11. Aspek ketegasan
  12. Aspek kepercayaan diri
  13. Aspek toleransi
  14. Aspek kepedulian lingkungan
  15. Aspek efisiensi cara kerja

Kami menganjurkan para calon peserta seleksi Cpns untuk mempelajari Tes Skala Kematangan dengan cermat serta raihlah skor maksimal seperti yang anda inginkan. Tes ini juga menjadi bagian dari soal cpns yang harus anda kuasai jika anda benar-benar ingin lolos menjadi seorang pegawai negeri sipil melalui mekanisme penilaian soal tes cpns. Dengan menguasai tes ini maka anda sudah mendulang sejumlah poin penting dalam keseluruhan poin soal cpns.

Latihan Soal : TSK Aspek Integritas

1. Hampir semua pegawai di kantor instansi saya meminta uang tanda terimakasih atas pengurusan surat ijin tertentu. Namun menurut peraturan kantor, hal itu tidaklah diperbolehkan, maka saya...

A. Ikut melakukannya karena bagaimanapun juga kawan-kawan kantor juga melakukannya
B. Melakukannya hanya jika terpaksa membutuhkan uang tambahan untuk keperluan keluarga, sebab gaji kantor memang kecil
C. Terkadang saja melakukan hal tersebut
D. Berusaha semampunya untuk tidak melakukannya
E. Tidak ingin melakukannya sama sekali

2. Atasan anda melakukan rekayasa laporan keuangan kantor, maka anda
A. Dalam hati tidak menyetujui hal tersebut
B. Hal tersebut sering terjadi di kantor manapun
C. Mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang
D. Tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut
E. Hal semacam itu memang sudah menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia.


Latihan Soal : TSK Aspek Kejujuran

3. Seorang oknum staf penerimaan CPNS menawarkan bantuan kepada saya, agar bisa diterima menjadi PNS dengan cara memberikan dana sejumlah tertentu. Sikap saya adalah...

A. Menerima tawaran itu, sebab persaingan memang sangat ketat
B. Mempertimbangkan terlebih dahulu segala sesuatunya
C. Tahun ini saya ingin mencoba terlebih dahulu dengan cara resmi
D. Menolaknya. Karena saya ingin diterima dengan cara yang sah, bukan dengan suap, agar rezki saya sebagai PNS nanti tetap halal dan bersih.
E. Meminta pertimbangan orangtua dan pihak-pihak yang lebih berpengalaman

4. Sebagian rekan kerja pulang 1 jam lebih awal dari jadwal yang seharusnya, bagaimana dengan anda ?

A. Karena banyak yang melakukannya, mungkin hal itu tidaklah menjadi masalah yang berarti
B. Banyak yang melakukannya sehingga sayapun juga melakukannya
C. Demi toleransi, saya ikut melakukannya
D. Saya tidak melakukannya agar dinilai sebagai staf yang rajin oleh atasan
E. Saya tetap mengikuti aturan yang berlaku sehingga tetap pulang sesuai jadwal


Latihan Soal : TSK Aspek Tanggung Jawab

5. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal-hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya …

A. Mencari kambing hitam penyebab masalah
B. Akan tetap bertanggungjawab dan mencari solusinya
C. Membiarkan masalah terus berlangsung
D. Melihat dulu adakah pihak lain yang turut bersalah dalam hal ini
E. Seharusnya ada orang lain yang membantu menyelesaikan hal ini

6. Ketika proyek kerja yang saya pimpin tidak memberikan hasil optimal gara-gara ada satu anak buah saya yang melakukan kesalahan, maka...
A. Saya tidak dapat dipersalahkan
B. Itu tidak termasuk dalam tanggungjawab saya
C. Anak buah itu harus bertanggungjawab atas semuanya
D. Bagaimanapun juga, sebagai pimpinan proyek sayapun turut bertanggungjawab
E. Hal itu menjadi kekeliruan anak buah saya semata


Latihan Soal : TSK Aspek Kemampuan Beradaptasi

7. Di lingkungan kerja yang baru...

A. Saya perlu waktu untuk mengenal rekan-rekan kerja yang baru
B. Saya menunggu rekan kerja yang ingin berkenalan
C. Saya langsung mampu akrab dengan rekan kerja baru saya
D. Jika saya membutuhkan bantuan baru saya akan berkenalan
E. Jika ada yang ingin berkenalan tentunya saya senang sekali

8. Prediksi pengamat ekonomi bahwa bulan depan akan terjadi inflasi besar di Indonesia membuat saya...

A. Susah tidur
B. Depresi berat, karena inflasi berarti harga barang naik
C. Berhati-hati dan berhemat dalam membelanjakan uang
D. Yang akan terjadi, biarlah terjadi
E. Prediksi yang menyusahkan seperti itu tak perlu saya percayai


______________________________________________________________________________
Contoh Soal DERET Lagi neh...




 

Semoga Bermanfaat.....
Share this article :

1 comments:

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Followers

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger