Home » » Cara merawat burung kenari Jadi Sering Berkicau

Cara merawat burung kenari Jadi Sering Berkicau

Written By Unknown on Thursday, April 18, 2013 | 8:59 AM


     Nama burung kenari belakangan ini menjadi cukup populer di kalangan pecinta burung kicauan, dengan penampilan yang keren di tambah suara yang bagus tidak heran bila kenari menjadi salah satu burung yang dicari. Untuk memperoleh kenari yang bagus ada 2 cara, yaitu dengan membeli burung yang sudah jadiin atau membeli bakalan kemudian melatihnya perlahan lahan hingga menjadi jagoan. 

   Nah, pada artikel kali ini pojok-vet akan memberikan beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk memilih dan juga merawat burung kenari. Pilih burung kicauan kenari dari pejantan yang berkualitas, dimana ciri-ciri kenari jantan yang mempunyai grade bagus adalah bentuk kepalanya agak kotak dan juga pada tempat pembuangan kotorannya seperti condong keluar. berikan makanan sesuai dengan jenis burung kenari anda, maksudnya bila kenari anda termasuk dari jenis lokal maka sebaiknya berikan saja makanan lokal. Hal ini disebabkan lidah kenari lokal hanya cocok dengan makanan yang berasal dari daerah setempat. Kecuali bila kenari anda termasuk dalam jenis impor, maka makanan impor bisa di coba. 
   Untuk mendapatkan burung kenari dengan nafas yang panjang, biasakanlah memberi sangkar yang luas pada burung kicauan kesayangan anda. Hal ini akan memudahkan kenari untuk bergerak leluasa, selain melatih gerak juga menjadikan kenari tidak gampang stress. Bila perlu, makanan tambahan dapat diberikan pada kenari kesayangan. Seperti sawi, wortel, ketimun, selada dll. Sebagai contoh, misalnya ketimun, diberikan bila kenari anda terlalu gemuk. Sawi atau sosin diberikan untuk membuat bulu kenari terlihat bersih dan juga bersinar sesuai sesuai warna dasarnya. Jemur burung kenari di bawah terik matahari pagi, sekitar 1 jam mandikan burung sekali dalam seminggu berikan kerodong penutup, khususnya bila malam telah tiba. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah gigitan nyamuk. 
   Tips untuk pakan kenari Untuk mendapatkan kicau burung selalu prima, terkadang burung kenari butuh makanan tambahan yang yahud dan mantap. Anda pun dapat meracik sendiri makanan andalan yang bisa digunakan untuk memacu kicau burung kesayangan. Parut 1 siung jahe dan kunyit hingga halus lalu di rebus dengan sedikit air jika sudah panas tiriskan ke dalam tempat semacam panci setelah itu campurkan pakan kenari dengan perbandingan 1siung jahe dan kunyit untuk 1 kilo pakan kenari biarkan supaya menyerap lalu di aduk ,kemudian jemur (dengan serat jahenya) setelah agak kering di garang diatas katel/wajan (tanpa minyak) dengan menggunakan api kecil setelah kering benar lalu angkat ,(jangan terlalu lama ) lalu suguhkan ke kenari anda. Racikan pakan tersebut akan membuat kenari selalu berbunyi dalam segala medan musim, baik musim panas ataupun dingin. Selamat mencoba tips merawat burung kenari.

page counter
Free Hit Counter
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Powered By Blogger

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger