Home » » Tanaman ASHITABHA (dari Jepang)

Tanaman ASHITABHA (dari Jepang)

Written By Unknown on Thursday, June 5, 2014 | 7:38 PM



Tanaman Ashitaba atau yang sering disebut Anjelica adalah tanaman yang tergolong dalam jenis tanaman bayam yang paling baik, Ashitaba juga termasuk jenis tumbuhan dari rumpun selecxi (celery), yang berjenis tanaman bayam tahunan yang berumur sampai 4 tahun.
Banyak bunga putihnya merekah di musin gugur setelah menanamnya selama 3 tahun. Bunga putih ini mengingatkan mahkota bidadari. Tidak salah jika nama latinnyapun berarti bidadari/anjel.

 Tanaman Ashitaba ini asli berasal dari Negeri Jepang dikenal sebagai “Harta Karun” dan “Raja Sayur Mayur”. Menurut sejarah orang Jepang Ashitaba merupakan tanaman untuk panjang umur yang dulu dicari-cari oleh kaisar pertama Cina dari Dinasti Chin. Pada masa-masa jaman edo, Hachi Jo Islan Ashitaba juga dikenal sebagai Jamu-jamuan Umur Panjang. Karena daya hidupnya yang kuat, bila dipetik daunnya hari ini maka daun muda yang baru akan bertunas esok harinya, karena itu ashitaba juga disebut sebagai daun esok hari.
Tanaman ashitaba bisa tumbuh dengan baik dan kasiatnya tetap terjaga didaerah yang subur, memiliki tingkat kelembapan yang tinggi dan daerah yang memiliki ketinggian sekitar 1000 Mdpl. Di Indonesia ashitaba sudah mulai di budidayakan dibeberapa daerah, salah satunya adalah di Lombok-NTB. Di Lombok bagian timur utara yakni di Desa Sembalun, ashitaba mulai budidayakan seikitar tahun 1994 yang dibawa oleh seseorang yang berasal dari jepang. Sejak itulah sampai saat ini petani disana masih membudidayakan ashitaba tersebut.
Semua bagian dari tanaman ashitaba ini dapat di jadikan sebagai obat mulai dari daun, getah ( chalcone ), batang, akar dan umbinya.
Daun
Daun hijau ashitaba yang masih muda yang berumur sekitar 1 minggu bisa dijadikan sayur atau dimakan lansung memang rasanya agak pahit tapi tidak sepahit getahnya, bekasiat untuk menjaga kesehatan mata yakni mempertajam penglihatan.
 
Daun ashitaba yang dipotong saat akan mengambil getah, dikumpulkan kemudian keringkan. daun kering ashiaba yang diolah dengan cara dikeringkan didalam green haouse dengan bantuan sinar matahari selama 2-3 hari. Daun kering ashitaba  bisa dijadikan teh atau serbuk yang ditumbuk supaya aroma, rasa dan warna tidak berubah, bisa diminum seperti teh pada umumnya tanpa menggunakan gula.


Getah
Getah ashitaba yang diambil dengan cara memomotong salah satu batang pada pohon ashitaba, setelah 3-5 menit batang dipotong kemudian getahnya diambil dengan menggunakan bantuan pisau khusus kemudian dimasukkan ke dalam gelas.
Ashitaba mengandung getah berwarna kuning atau Chalcones yang keluar dari batang dan daun. Pada Chalcones terdapat beberapa bahan aktif seperti Xantoangetol dan 4-hydroxyderricin yang merupakan antioksidan. Xanthoangelol juga terbukti ampuh mengobati neuroblastoma atau kanker saraf dan leukemia.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan dr. Okuyama dari Tokyo Meiji University of Pharmacy , ashitaba dapat mengobati :
a. Penyakit hati,
b. Kanker paru
c. Kanker kulit.
d. Glukoma,mata minus plus dan katarak.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Powered By Blogger

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger