Home » » Tanaman Herbal Yang cantik, bisa dijadikan tanaman Hias Rumah Anda (Bibit)

Tanaman Herbal Yang cantik, bisa dijadikan tanaman Hias Rumah Anda (Bibit)

Written By Unknown on Monday, August 12, 2013 | 2:33 PM


Tanaman - tanaman ini mempunyai daun yang bagus (tebal) dan Bunga yang cantik.


Kencur (Kaempferia galanga, Linn.)   
Kencur
  1. Penyediaan Bibit, tanaman kencur biasanya dibudidayakan lewat rimpangnya. Bibit sebaiknya diambil dari rimpang kencur dengan umur panen 8 – 12 bulan. Rimpang bibit harus dalam keadaan sehat dengan ciri-ciri berdaging alot, mengkilap Kecoklatan, tidak lecet, tidak ada gejala busuk dan berjamur. Rimpang hasil pilihan kemudian disemai dalam tempat lembab selama 2 minggu sampai bertunas. Selanjutnya rimpang dipotong-potong dengan ukuran 3 cm dengan 2 – 3 mata tunas. Pemilihan rimpang dengan tepat sangat menentukan hasil panen. Untuk satu ha lahan dibutuhkan bibit sebanyak 1 – 2 ton tergantung pada jarak tanam. Untuk menghindari serangan hama dan penyakit lain, sebaiknya bibit direndam dalam larutan Forest  kemudian disemprot dengan fungisida berbahan aktif seperti Ridomil, Dithane dan Manzate.
  2. Pengolahan Lahan, pengolahan lahan sebaiknya dilakukan pada musim hujan dengan cara mencangkul atau membajak lahan sedalam 30 cm. Setelah lahan gembur bersihkan rumput dan gulma pengganggu lain dan diamkan lahan selama satu munggu. Selanjutnya buat bedengan dengan lebar 1 – 1,5 m, tinggi 10 – 20 cm dan jarak antar bedengan 30 cm. Pembuatan bedengan bertujuan untuk mempermudah sistem pengairan pada lahan. Berikan pupuk kandang secara tabur diatas bedengan dengan dosis 15 ton/ha. Diamkan pupuk selama satu atau dua minggu sebelum masa penanaman.
  3. Penanaman, rimpang ditanammenghadap ke atas dengan kedalam lubang 7,5 cm dan jarak antar tanaman 15 x 15 cm atau 20 x 20 cm.
  4. Pemupukan, stelah tanaman benar-benar tumbuh dengan baik lakukan pemupukan dengan dosis Urea 150 Kg/ha, TSP 100 kg/ha, dan KCL 100 kg/ha. Pada umur 2 – 3 bulan dilakukan pemupukan dengan dosis Urea 150 kg/ha.
  5. Pemeliharaan, penyiangan dilakukan saat tanaman berumur 1 – 2 bulan dan dilakukan sesuai pertumbuhan gulma. Penggemburan lahan dilakukan pada saat tanaman berumur 3 – 4 bulan, bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan rimpang.

Jahe Merah (Alpinia purpurata)

Jahe Merah
Jahe Merah (Alpinia purpurata), juga disebut Ostrich Plume dan Pink Cone Jahe, berasal dari negara tropis Amerika, dengan bunga mencolok berwarna merah cerah.
Ada Dua varietas disebut Jungle Jungle Raja dan Ratu. Jahe Merah tumbuh di Hawaii , Puerto Rico , dan banyak di negara Amerika Tengah, termasuk Belize . Tanaman ini juga ditemukan di Samoa , di mana Jahe Merah adalah bunga nasional dan lokal yang disebut "teuila". Jahe merah juga tumbuh di Florida Selatan.
Jahe Merah biasanya ditanam di pinggir-pinggir pagar rumah, dan juga bunggnya sering dijadikan bunga potong untuk hiasan/dekorasi.
Berikut photo-photo Jahe Merah yang saya jepret menggunakan HP N73 yang tumbuh di belakang rumah :

JARAK BALI



Jarak BALI
Nama Lokal : Jarak batang gajah. Penyakit Yang Dapat Diobati : Demam, bengkak terpukul, digigit ular biasa. Pemanfaatan : BAGIAN YANG DIPAKAI: Seluruh tanaman KEGUNAAN: – Demam – Bengkak terpukul – Digigit ular berbisa PEMAKAIAN: Untuk minum: 10-15 g direbus. Ampasnya digunakan untuk ditempelkan pada tempat yang sakit. Komposisi : SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Manis, pahit, dingin. Menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan pembengkakan, menghilangkan racun dan membersihkan panas.

Jual Pohon Bibit Jarak Bali : 20 cm silahkan E-mail ke achmatrista@gmail.com

BUNGA KENOP

Bunga Kenop
Bunga Kenop ditanam di pekarangan dan di tanam sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.300 m dpl. Rasanya manis, sifatnya netral. Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak dan obat radang mata. Kandungan Kimianya yaitu Gomphrenin I, Gomphrenin II, Gomphrenin III, Gomphrenin V, Gomphrenin VI dan amarathin. KAndungan minyak asiri, flavon atau saponin mempunyai khasiat sebagai peluruh dahak. Bagian yang digunakan adalah bunga atau seluruh herba segar atau herba kering. Indikasi: o Bunga berkhasiat untuk pengobatan o Batuk rejan (pertusus), o TB Paru disertai batuk darah, o Sesak napas (Asma Bronkial), o Radang saluran napas akut dan menahun, o Radang mata, o Sakit Kepala, o Panas dan kejang pada anak karena gangguan hati, mimpi buruk pada anak, o Disentri, dan o tidak lancar buang air kecil.
Tanaman Semak ALFAFA
Alfafa
Alfalfa merupakan tanaman yang dikenal mempunyai berbagai manfaat kesehatan.
Alfalfa (Medicago sativa) termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Tanaman ini dapat tumbuh sampai satu meter dan memiliki bunga kecil berwarna ungu.
Tanaman alfalfa memiliki sistem akar sangat dalam hingga mencapai sekitar 4,5 meter.
Karena akar yang menghujam dalam itulah, tanaman ini terkenal tahan kekeringan.
Dipercaya pula, sistem akar yang dalam membuat alfalfa dapat menyerap mineral yang tidak biasa ditemukan di permukaan tanah.
Hal ini membuat tanaman ini istimewa sehingga dinamai alfalfa oleh orang Arab yang berarti ayah dari tanaman.
Orang Arab menemukan kuda-kuda mereka menjadi kuat dan bugar setelah mengkonsumsi alfalfa.
Alfalfa telah digunakan sebagai obat herbal sejak berabad-abad dalam pengobatan tradisional Cina dan ayurveda.
Nutrisi Alfalfa
Meskipun terutama dipergunakan sebagai makanan ternak, alfalfa juga memberikan manfaat bagi manusia.
Alfalfa umum dikonsumsi dalam bentuk kecambah, batang, maupun daun kering.
Supleman makanan alfalfa juga tersedia dalam bentuk tablet, bubuk, atau teh.
Tanaman ini kaya akan mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan besi. Alfalfa juga mengandung vitamin B, C, E, dan K.
Selain itu, alfalfa mengandung bentuk alami dari fluorida, protein, mineral, serat, asam lemak esensial, dan antioksidan.
Manfaat Alfalfa
Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan alfalfa.
1. Alfalfa bermanfaat mengendalikan kolesterol darah dengan menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh.
Selain itu, tanaman ini mampu mencegah pembentukan plak di dinding arteri sehingga mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan stroke.
2. Alfalfa mampu menurunkan kadar gula darah. Herbal ini sering direkomendasikan untuk penderita diabetes, terutama bagi mereka yang tidak merespon insulin.
3. Sifat diuretik dari alfalfa efektif menghilangkan retensi air dalam tubuh sehingga mencegah edema.
4. Tanaman ini juga berguna mengurangi gejala menopause karena sebagian zat dalam alfalfa bertindak seperti estrogen.
5. Alfalfa juga efektif mengobati asma dan masalah pernapasan lainnya.
6. Tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan untuk detoksifikasi. Alfalfa dipercaya pula efektif mengurangi kekakuan sendi dan nyeri otot.
Alfalfa umum dikonsumsi dalam bentuk kecambah dan suplemen. Teh alfalfa dikatakan baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pencernaan, pemurnian darah, dll.
Namun, hindari konsumsi alfalfa mentah karena bisa menyebabkan infeksi Salmonella Saintpaul.
Alfalfa harus dikonsumsi dalam jumlah moderat karena overdosis dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah.
Pasien transplantasi ginjal serta wanita hamil dan menyusui harus menghindari alfalfa.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Bro Comment :

follower facebook

tweet

Polling:

Bagaimana Menurut Anda Blog ini?
Bagus0%
Lumayan0%
Kurang0%
Kurang sekali0%

ads

Isi Blog:

Powered By Blogger

Artikel:

People View

 
Support : http://belajarofficeizzat.blogspot.com | http://tutorbuatblogizzat.blogspot.com | http://aldebaranizzatd.blogspot.com/
Copyright © 2013. Serbaserbi - All Rights Reserved
Template added by Creating Website Publis Blog Mas Template
Proudly powered by Blogger